Kampus

Indonesia-Inggris Lakukan Riset Bersama

Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) M Nasir

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Indonesia-Inggris menjalin kerja sama penelitian senilai 14,5 juta poundsterling atau sekitar Rp 250 miliar. Dana tersebut untuk membiayai sepuluh penelitian yang melibatkan dosen dari perguruan tinggi negeri nasional dan kampus terkemuka di dunia seperti Oxford University.

Penelitian bersama ini di antaranya pada bidang kesehatan, energi baru dan terbarukan, dan teknologi informasi.

Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) M Nasir menuturkan, penelitian kolaboratif tersebut memiliki relevansi tinggi dengan pembangunan sosial ekonomi Indonesia.

Menurut dia, kampus nasional yang turut terlibat di antaranya Universitas Padjadjaran, Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung dan Institut Pertanian Bogor. Dana mengucur melalui Newton UK-Indonesia Science & Technology Fund.

Baca juga :  Kemenristekdikti Enggan Tanggapi Pencabutan Larangan Bercadar, ini Alasannya

“Penelitian harus menghasilkan inovasi yang diperlukan Indonesia. Para peneliti dan inovator, merupakan aktor kunci dalam menggali potensi kekayaan negara yang kita miliki. Hasil penelitian tidak dapat dikategorikan sebagai inovasi sampai mereka berguna bagi masyarakat,” kata Nasir, Jum’at (7/4/2017).

Ia mengatakan, pemerintah membutuhkan banyak bantuan dari pihak luar untuk meningkatkan kualitas penelitian dan kemampuan peneliti bertaraf internasional. Selain dengan Inggris, kerja sama lain yang sudah terjalin di antaranya dengan Singapura, Australia, dan Amerika Serikat.

“Untuk mencapai hal tersebut, kolaborasi internasional seperti dengan Inggris ini sangat dibutuhkan sehingga kita tidak perlu memulai dari nol. Secara bersama-sama dapat berusaha untuk menemukan cara yang lebih baik untuk memajukan masyarakat global,” ujarnya.

Baca juga :  Menristekdikti Buka Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional ke-29

EDUNEWS.ID

Edunews.

Kirim Berita via: [email protected]/[email protected]
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com