Kampus

ITB Kembali Buka Program Profesi Insinyur

ILUSTRASI

BANDUNG, EDUNEWS.ID – Kebutuhan akan insinyur sangat tinggi mengingat pembangunan infrastruktur dan industri semakin banyak. Pembangunan itu tidak hanya dilakukan di Indonesia, tetapi juga di negara-negara lain.

Institut Teknologi Bandung (ITB) menawarkan dua program profesi insinyur yaitu program pendidikan reguler dan rekognisi pengalaman lampau (RPL). Untuk RPL, kata Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Bermawi Priyatna Iskandar, mulai dibuka pada Januari 2017.

“Program reguler baru akan dibuka paling cepat pada semester I tahun ajaran 2017/2018,” katanya, Jum’at (16/12/2016).

Yang membedakan antara RPL dan reguler terletak pada lamanya pengalaman kerja. Peserta RPL harus berpengalaman kerja di bidang keinsinyuran lebih dari dua tahun dan pernah mengerjakan minimal 4 proyek. Oleh karena itu, dalam pendidikan profesi selama satu semester itu, lebih banyak pembelajaran pada pemeriksaan dokumen atas proyek-proyek yang pernah ditangani.

Baca juga :  Kritis di Grup WhatsApp, Dosen UIN Makassar jadi Tersangka

Bermawi mengatakan untuk angkatan pertama itu akan dibuka mulai tanggal 19-31 Januari 2017. Kursi yang disediakan sebanyak 370 orang. Kursi itu tersebar di Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian (FITB), Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI), Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan (FTSL), Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara (FTMD), Fakultas Teknik Industri (FTI), Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH), dan Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan (FTTM). Fakultas-fakultas tersebut akan menjadi model bagi yang lain.

Sedangkan, kelas reguler diperuntukkan bagi insinyur yang pengalaman kerjanya kurang dari dua tahun. Peserta kelas tersebut akan menjalani pendidikan sebanyak 24 SKS. Separuh dari masa pendidikan akan dihabiskan untuk magang.

Baca juga :  Unair Buka Tiga Prodi Baru

“Tingginya beban magang, agar pengalaman kerja mereka setara dengan kelas RPL. Sehingga mereka akan meraih standar yang sama,” ujarnya.

Edunews.

Kirim Berita via: redaksi@edunews.id/redaksiedunews@gmail.com
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!