Kampus

Jangan Takut, UKT Kedokteran untuk Mahasiswa tidak Mampu hanya Rp 0

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Masyarakat sering mengeluhkan mengenai mahalnya biaya pendidikan tinggi bidang kedokteran. Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) memberikan kemudahan atau akses bagi mahasiswa dari keluarga kurang mampu.

Data Kemenristekdikti, pada tahun 2012 lalu Ditjen Pendidikan Tinggi telah menyusun analisis unit cost pendidikan kedokteran per semester dengan pendekatan activity-based costing. Analisis ini menjadi dasar perhitungan Biaya Kuliah Tunggal (BKT) dan Uang Kuliah Tunggal (UKT) untuk pendidikan kedokteran di PTN sesuai Permendikbud No. 73/2014.

Berdasarkan analisis tersebut diperoleh BKT Pendidikan Dokter: Rp 12.694.000. Dalam penerapannya di perguruan tinggi negeri, UKT Pendidikan Dokter mulai dari Rp 0 hingga maksimal Rp 25 juta untuk kelas tertinggi.

Baca juga :  Ini Cara Cek Ijazah Kamu Asli atau Palsu

“Dengan berlakunya UKT, mahasiswa di perguruan tinggi negeri hanya membayar uang semester, tidak ada lagi uang pangkal dan biaya lainnya,” kata Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) M Nasir, Senin (27/3/2017).

Dengan sistem UKT tersebut, dikatakan Nasir, mahasiswa dari keluarga tidak mampu juga dijamin aksesnya mengenyam pendidikan dokter melalui pemberian beasiswa. Hal ini sesuai dengan amanat Undang Undang No.20 tahun 2013 mengenai adanya beasiswa dan bantuan biaya pendidikan untuk mahasiswa dan dosen.

Saat ini beasiswa dan bantuan biaya pendidikan untuk mahasiswa dan dosen kedokteran telah dikeluarkan melalui program BIDIK MISI, LPDP, dan juga Program Beasiswa Afirmasi.

“Tahun 2017, kami siapkan Beasiswa Bidik Misi bagi 90.000 mahasiswa Indonesia, terbuka bagi seluruh fakultas dan prodi,” ungkapnya.

Baca juga :  Kemenristekdikti Minta Kematian Tiga Mahasiswa UII Diinvestigasi

EDUNEWS.ID

Edunews.

Kirim Berita via: [email protected]/[email protected]
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com