Kampus

Kemenristekdikti akan Tutup 102 PTS

MENRISTEKDIKTI, M NASIR

 

 

 

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) M Nasir mengatakan, dalam waktu dekat ada beberapa perguruan tinggi swasta yang akan ditutup.

Kendati tak menyebutkan jumlahnya, Nasir mengklaim penutupan tersebut sebagai salah satu cara untuk meningkatkan kualitas pendidikan tinggi nasional. PTS yang terancam ditutup di antaranya karena tidak memiliki jumlah dosen minimal dan tata kelola keuangan yang buruk.

Nasir menuturkan, Kemenristekdikti telah mengawasi secara khusus 127 PTS bermasalah selama dua tahun. Dalam kurun waktu tersebut, sebanyak 25 PTS dipastikan tidak mampu memperbaiki mutu sehingga terpaksa ditutup. Sementara, sebanyak 102 PTS lainnya masih berusaha memenuhi segala macam standar minimal yang ditentukan Kemenristekdikti.

Baca juga :  Menristekdikti akan Beri Sanksi jika Kampus Dibawa ke Politik

“Sampai akhir tahun ini, ada beberapa PTS yang segera kami tutup lagi karena dari 102 itu ada yang yayasannya sendiri yang ingin menutup, karena enggak sanggup. Pihak swasta juga sudah setuju. Ditutup karena PTS ini sudah enggak sanggup sehingga mahasiswanya dipindah ke PTS lain. Jangan sampai mahasiswa jadi korban. Yang mau ditutup itu di luar kampus yang sedang dalam proses merger yang jumlahnya lebih banyak lagi,” ucap Nasir di Gedung D Kantor Kemenristekdikti Senayan, Jakarta, Jumat (27/10/2017).

Advertisement

Ia mengatakan, semua PTS tersebut terpaksa ditutup antara lain karena tidak memiliki sarana prasana menunjang dan tata kelola keuangan yang buruk. Menurut dia, langkah penutupan sebagai cara untuk meningkatkan mutu pendidikan tinggi nasional.

“Ditutup karena proses pembelajarannya enggak benar. Tidak ada mahasiswa lagi. Ada perguruan tinggi tapi enggak ada mahasiswa dan dosen, harus kami tutup,” ucap dia.

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com