Kampus

Kemenristekdikti Dorong Lima Kampus ke 500 Dunia

MENTERI RISET TEKNOLOGI DAN PENDIDIKAN TINGGI M NASIR

 

 

 

MAKASSAR, EDUNEWS.ID – Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi menargetkan 5 perguruan tinggi negeri masuk ke dalam jajaran 500 kampus terbaik di dunia pada 2019. Saat ini, baru Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Gadjah Mada (UGM) yang masuk 500 kampus dunia. Sementara itu, Institut Pertanian Bogor (IPB) dan Universitas Airlangga (Unair) masih diusahakan.

Selain menyiapkan kampus berkualitas dunia, Kemenristekdikti juga mendorong 75 kampus untuk mendapatkan akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BANPT). Saat ini, hanya ada 54 dari total 4.530 perguruan tinggi nasional yang terakreditasi A. Sekitar 2.600 kampus terakreditasi B dan sisanya terakreditasi C.

Baca juga :  Menristekdikti Berharap LIPI Jadi Rujukan Iptek

“IPB dan Unair diarahkan ke sana (500 kampus dunia). Tapi butuh perjuangan keras, karena tidak mudah,” ucap Menristekdikti M Nasir setelah membuka seminar dan workshop internasional “Penguatan Sistem Penjaminan Mutu Internal Berbasis Outcomes” di Aryaduta Hotel, Makassar, Selasa (8/8/2017).

UI berada di posisi 277 atau naik 48 peringkat dari tahun sebelumnya yang menempati posisi 325. ITB juga memperbaiki peringkat dari 400 menjadi 331, sedangkan UGM naik 99 peringkat dari 501 menjadi peringkat 402.

“Ini adalah bukti bahwa kualitas perguruan tinggi Indonesia semakin baik dari tahun ke tahun dan dapat bersaing di tingkat dunia,” ucap Nasir.

Ia menegaskan, pemerintah terus berusaha memperbaiki mutu perguruan tinggi sebagai wadah pencetak sumber daya manusia unggul agar siap menghadapi persaingan global. Menurut dia, kampus bermutu tinggi dapat menghasilkan SDM yang berdaya saing tinggi, kreatif, inovatif dan mampu berkompetisi dengan SDM dari negara lain.

Baca juga :  Kebijakan Kemenristekdikti soal Sanksi Penghentian Tunjangan Guru Besar Dinilai Aneh

Nasir menyatakan, masuk dalam jajaran kampus terbaik dunia akan meningkatkan posisi tawar anak bangsa di tingkat global. Selain diakui secara institusi, lulusannya pun akan mendapat pengakuan internasional.

“Saya berharap seminar dan workshop ini dapat menjadi muara tumbuh kembangnya budaya mutu pendidikan tinggi, menuju peningkatan daya saing bangsa Indonesia yang berkualitas,” ujarnya.

Facebook Comments

Edunews.

Kirim Berita via: redaksi@edunews.id/redaksiedunews@gmail.com
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!