Kampus

Kemenristekdikti : Dunia Industri baru Menyerap 3 persen Hasil Riset

BOGOR, EDUNEWS.ID – Dunia industri nasional baru menyerap 3 persen hasil riset inovasi ciptaan peneliti lokal. Padahal hingga 31 Desember 2016 sudah ada 900 karya. Hal tersebut membuat daya saing hasil industri dalam negeri terus tertinggal dari beberapa negara tetangga seperti Singapura, Malaysia dan Vietnam.

Direktur Jenderal Penguatan Inovasi Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) Jumain Appe melihat pengusaha dan peneliti belum bersinergi. Sehingga akibatnya, daya serap industri terhadap hasil riset inovasi dalam negeri memang sangat rendah.

Dia mengatakan, hasil riset dan kebutuhan industri berjalan masing-masing. Jika alur komunikasi tak segera dibenahi, industri dalam negeri akan sulit bersaing terutama dalam sektor pangan.

Baca juga :  Kemenristekdikti Buka Pendaftaran PPG Khusus

“Singapura tak punya sumber daya alam tapi bisa maju. Korea Selatan juga. Mereka memanfaatkan betul teknologi yang diciptakan para penelitinya. Indonesia punya keduanya. Sumber daya alam melimpah dan sumber daya manusiannya juga memiliki kemampuan berinovasi. Ada 4.000 lebih perguruan tinggi yang fokus di bidang pangan, melahirkan banyak inovasi,” ujar Jumain dalam Seminar Kolaborasi Pemanfaatnan Hasil Riset Dalam Rangka Mendukung Kemandirian Pangan Nasional, di IPB ICC Bogor, beberapa hari yang lalu..

Advertisement

Jumain menegaskan, pemerintah terus mencoba menyelesaikan masalah jalinan komunikasi tersebut. Di antaranya dengan membawa produk inovasi yang dihasilkan oleh Perguruan Tinggi, Lembaga Penelitian dan Pengembangan, Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK) kepada para pengusaha. Pemerintah juga menjalin kesepakatan kerja sama dengan beberapa perusahaan swasta nasional dan internasional.

EDUNEWS.ID

Edunews.

Kirim Berita via: [email protected]/[email protected]
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com