Kampus

Mahasiswa Perlu Dibekali Pengetahuan Anti Korupsi

Focus Group Discussion (FGD) dan Semiloka Pengembangan Pembelajaran Pendidikan Anti Korupsi untuk Mahasiswa di Jakarta, Rabu (5/4/2017)

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bersama Kementerian Agama, Kemenristek Dikti, dan civitas akademika perguruan tinggi menyusun modul atau pedoman pendidikan anti korupsi (PAK).

Penyusunan modul ini dibahas dalam Focus Group Discussion (FGD) dan Semiloka Pengembangan Pembelajaran Pendidikan Anti Korupsi untuk Mahasiswa di Jakarta, Rabu (5/4/2017).

Fasilitator dari Universitas Paramadina, Asriana Issa Sofia mengatakan, Pembelajaran Anti Korupsi di kalangan PT dapat diimplementasikan melalui kegiatan orientasi kampus dan pembekalan kelulusan.

Selain itu, pembelajaran juga bisa dilakukan melalui mata kuliah khusus PAK atau masuk dalam sub pokok bahasan mata kuliah lain seperti civic education, pancasila, hokum, pendidikan agama Islam dan lain sebagainya.

Baca juga :  Ternyata Bupati Ngada yang Ditangkap KPK Pernah Blokade Bandara

FGD PAK menghasilkan bahan penyusunan modul/panduan PAK yang mencakup: tujuan, konten, metode, serta durasi pembalajaran PAK. Outputnya adalah draf utuh pembelajaran PAK untuk orientasi mahasiswa baru dan pembekalan kelulusan sarjana.

Advertisement

Salah satu peserta yang merupakan dosen Universitas Paramadina Jakarta Yusuf Kurniadi memandang perlu membekali mahasiwa menjelang lulus tentang meredefinisi kekayaan untuk memulai mengerti apa itu kekayaan.

Kekayaan mestinya dipahami tidak saja berhubungan dengan material, namun lebih dari itu adalah kesehatan, keluarga yang baik dan teman yang mendorong ke arah kebaikan.

Sementara dosen UIN Syarif Hidayatullah Jakarta KHamami Zada berharap adanya pencegahan korupsi melalui PAK, akan memunculkan kesadaran baru di kalangan civitas akademika untuk menghindari sejak dini prilaku koruptif seperti plagiarisme, absen fiktif, membolos, nyontek, dan lain-lain.

EDUNEWS.ID

Edunews.

Kirim Berita via: [email protected]/[email protected]
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com