Kampus

Menristekdikti Klaim Jumlah Kampus Akreditas A Meningkat

Menteri RISET TEKNOLOGI DAN PENDIDIKAN TINGGI (MENRISTEKDIKTI) M NASIR

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Saat ini perguruan tinggi yang terakreditasi A sudah lebih banyak dari sebelumnya. Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikn Tinggi (Kemenristekdikti) sangat mendorong semua orang untuk memacu kualitas perguruan tinggi. Indonesia memiliki jumlah perguruan tinggi yang sudah mencapai sekitar 4000 lebih.

Saat ini permasalahan yang sering mendera perguruan tinggi masih seputar keberadaan dosen yang mumpuni dan jumlah publikasi yang dikeluarkan.

“Saat ini capaian publikasi mencapai 9000 lebih. Menurut saya belum signifikan dengan jumlah dosen dan guru besar kita. Lalu apa yang harus dilakukan? Regulasi telah kami lakukan yaitu riset berbasis output. Para peneliti sudah harus berbasis hasil atau keluaran bukan aktifitas,” ujar Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekikti) M Nasir, Jum’at (10/12/2016).

Baca juga :  Unika Atmajaya dan Ubaya Raih SNI Award 2016
Advertisement

Nasir menjelaskan, kualitas dosen sangat penting untuk menjamin mutu pendidikan yang baik dan terakreditasi. Dengan demikian, mahasiswa akan mendapatkan proses pembelajaran yang baik.

“Sehingga lulusannya diserap pasar kerja dengan baik, publikasi dosen makin baik, cara pengajaran, ruang kelas, dan ketersediaan laboratorium, serta financing tersedia dengan cukup untuk melakukan proses pembelajaran dengan baik,” ujarnya.

Nasir menyatakan, untuk merealisasikan hal itu, pemerintah telah mengeluarkan beberapa kebijakan dan pengaturan tentang pengendalian dan penjaminan mutu pendidikan tinggi.

Diantaranya, Permenristekdikti No 44/2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi, Permenristekdikti No 32/2016 tentang Akreditasi Program Studi dan Perguruan Tinggi, serta Permenristekdikti No 62/2016 tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi.

Edunews.

Kirim Berita via: [email protected]/[email protected]
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com