Kampus

Minim Dukungan Pemerintah, Target 14.000 Doktor Sulit Tercapai

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Target mencetak 14.000 dosen bergelar doktor atau lulus S-3 hingga 2019 sulit tercapai. Pasalnya, pada tahun depan, kebijakan belanja anggaran dari pemerintah lebih difokuskan kepada pembangunan infrastruktur untuk menggenjot perekonomian nasional. Selain itu, kesiapan dari para dosen bergelar S-2 untuk melanjutkan pendidikan pun masih minim.

Senior Expert Direktorat Jenderal Sumber Daya Iptek dan Dikti Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi John Pariwono menuturkan, sebaran dosen tetap bergelar S-2 pada perguruan tinggi di Indonesia mencapai 155.519 orang. Dosen sarjana sebanyak 37.047 orang dan yang bergelar doktor hanya 31.554 dosen. Menurut dia, total dosen di Indonesia sekitar 250.000 orang.

Baca juga :  Sekolah Tinggi Swasta dan Institut Dimerger jadi Universitas

Menurut dia, formasi tersebut tak akan berubah signifikan hingga dua tahun ke depan jika Kemenristekdikti dan kementerian terkait lainnya seperti Kementerian Keuangan tak mencari sumber dana di luar Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Jika hal tersebut terjadi, kualitas perguruan tinggi Indonesia akan terus tertinggal dari negara tetangga, terutama Malaysia dan Singapura.

Advertisement

“Kalau hanya mengandalkan dana pemerintah, target 14.000 doktor pasti gagal. Perlu menjalin banyak kerja sama dengan luar negeri, pihak swasta dan kampus luar negri yang siap membantu pendanaan atau skema beasiswa doktoral,” ucap John dalam diskusi Doctoral Program Information Day, Jakarta, akhir pekan kemarin.

John menuturkan, jenjang pendidikan para dosen berperan strategis dalam peningkatan kualitas perguruan tinggi. Semakin banyak doktor, jumlah penelitian berstandar internasional dari Indonesia juga akan meningkat. Pada sektor ekonomi, penelitian dari para akademisi juga seharusnya memberi kontribusi. “Tapi di Indonesia, antara hasil penelitian dan kebutuhan industri belum in line,” katanya.

Edunews.

Kirim Berita via: [email protected]/[email protected]
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com