Kampus

Pakai Dana SBSN, ini yang Dibangun IAIN Jember

JEMBER, EDUNEWS.ID – Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin meresmikan gedung kuliah terpadu, gedung dosen, gedung laboratorium terpadu IAIN Jember. Selain itu, Menag juga meresmikan kampus TV di IAIN Jember. Tiga gedung baru ini mulai dibangun pada awal Mei 2016 dan selesai Desember 2016. Total nilai kontrak pembangunannya sebesar Rp 46.5miliar.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengapresiasi pembangunan 3 (tiga) gedung yang sumber dananya berasal dari SBSN ini. Menurutnya, Kementerian Agama telah melakukan peningkatan sarana pra sarana berbasis SBSN tidak hanya di perguruan tinggi saja, tapi juga KUA.

“Kementerian Agama akan berjuang lebih keras untuk lebih meyakinkan Kementerian Keuangan, Bapenas dan stake holder lain agar dana SBSN juga dapat digunakan oleh lembaga pendidikan seperti madrasah dan pondok pesantren,” ujarnya di Jember, Jumat (13/1/2017).

Baca juga :  Mau Daftar Sekolah Ikatan Dinas? Cek Disini!

Menag juga mengapresiasi hadirnya kampus TV di IAIN Jember. Ia berharap, kehadiran kampus TV mendorong civitas akademika IAIN Jember untuk menjadi agen dalam mensosialisasikan informasi dan berita positif di tengah kekisruhan pemberitaan di media terutama media sosial saat ini.

Kabag Umum IAIN Jember Moh. Anwar menjelaskan, gedung kuliah terpadu dibangun dengan luas 5.171m2, terdiri 4 lantai, dengan 1 lantai basement. Gedung ini akan dimanfaatkan untuk ruang pelayanan mahasiswa dan dosen, kegiatan ekonomi bisnis, seperti koperasi mahasiswa, gerai perbankan, BKMT, BMI, dan ruang produksi kampus TV.

Selain itu, lantai 2 dimanfaatkan untuk ruang perkuliahan dengan kapasitas 100 orang, dan 16 ruang inap yang diperuntukan bagi peserta inhouse workshop, seperti workshop pendidikan profesi guru.

Baca juga :  Rektor Paramadina : HMI Jangan Melulu Politik, tapi Kompetensi dan Inovasi

Lantai 3 merupakan auditorium yang digunakan untuk acara wisuda dan acara lainnya yang menghadirkan peserta dalam jumlah banyak. Adapun lantai 4 gedung ini digunakan untuk pertemuan senat dan pimpinan IAIN Jember. Gedung laboratorium memiliki luas 420m2 dengan dua lantai. Gedung ini akan digunakan untuk mata kuliah biologi, fisika serta digunakan untuk kegiatan microteaching.

Menurut Awar, IAIN Jember memiliki lima fakultas, yaitu: Fakultas Tarbiyah Ilmu Keguruan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Fakultas Dakwah, Falultas Syariah, serta Fakultas Ushuluddin dan Humaniora. Total jumlah mahasiswa tidak kurang dari 8.000 mahasiswa dengan 340 dosen karyawan dan 88 dosen honor.

Sebagai sarana kerja mereka, IAIN juga telah membangun gedung dosen baru. Gedung dengan luas 2.392m2 akan digunakan untuk penelitian dosen, ruang diskusi dan bimbingan antara mahasiswa dan dosen.

Baca juga :  Dekan : FKIP UR jadi Pusat Kegiatan Mahasiswa di Riau

Edunews.

Kirim Berita via: redaksi@edunews.id/redaksiedunews@gmail.com
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!