Kampus

Pemda harus Berperan Aktif Bantu Terapkan Program WKSD

Anggota Komisi IX DPR RI Ribka Tjiptaning

SURABAYA, EDUNEWS.ID – Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (FK Unair) Surabaya masih belum terlihat siap dalam menerima Peraturan Presiden No 4 Tahun 2017 tentang Wajib Kerja Dokter Spesialis (WKDS).

Tetapi, Anggota Komisi IX DPR RI Ribka Tjiptaning mengatakan bila dilihat dari aspek-aspek yang lain, seperti fasilitas kesehatan ketika dokter spesialis ada di daerah itu, maka harus mengikutsertakan pemerintah khususnya pemerintah daerah (Pemda) agar dapat menganggarkan APBD-nya untuk alat kesehatan dan insentif dokter.

“Itu harus dipikirkan juga,” tegasnya.

Selain itu, sistemnya juga harus dibuat dengan cermat. Misalnya, berapa tahun dia PTT dan jangan terlalu lama. Bila dokter sudah selesai PTT dia juga harus diberi hadiah sekaligus sudah dapat SIP.

Baca juga :  Catat! 29 April hari Terakhir Daftar Ulang di UI

“Jadi para dokter itu terangsang untuk mau ke daerah,” jelasnya.

Ia juga mengatakan bahwa sistemnya harus dibuat ketika mulai dari lulus dokter umum dan jangan dipersulit, sehingga mereka mau ikut spesialis. Sebab kalau lulus tetap menjadi PTT, maka kapan bagi mereka untuk mengambil sub spesialisasi. Harus ada regenerasi.

“Harus dipastikan dahulu sistemnya, bagaimana dengan fasilitasnya, baik fasilitas kesehatannya, fasilitas untuk dokternya, keamanan dokter, berapa lama dokter itu berada di daerah, dan apa yang akan diberikan setelah dan sebelum itu. Itu harus clear dulu,” tandas Ribka.

Ribka berharap agar sistem itu jangan terlalu rumit, sebab ketika Dokter diberi keleluasaan sering bertemu dengan pasiennya, maka dia akan lebih pintar mendiagnosa. Oleh sebab itu biarkan mereka mengabdi kepada rakyat dan diberikan kebebasan, tetapi negara tetap mengawasi dan mengaturnya.

Baca juga :  November, Majene akan miliki Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri

EDUNEWS.ID

Edunews.

Kirim Berita via: redaksi@edunews.id/redaksiedunews@gmail.com
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!