Kampus

Pemerintah akan Revitalisasi 12 Politeknik Negeri

MENTERI RISET TEKNOLOGI DAN PENDIDIKAN TINGGI M NASIR

 

 

 

MAKASSAR, EDUNEWS.ID – Guna meningkatkan daya saing pekerja di tingkat internasioal, sebanyak 12 politeknik negeri akan direvitalisasi. Selain menyediakan pos anggaran khusus, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi juga akan merekrut 50 persen dosen politeknik dari kalangan praktisi. Mahasiswa lulusan politeknik juga wajib mengantongi sertifikat kompetensi sesuai jurusan masing-masing.

Dari total 83 politeknik negeri, yang akan direvitalisasi pada tahun ini yakni Politeknik Manufaktur Bandung, Politeknik Pertanian Pangkep, Politeknik Lhokseumawe, Politeknik Samarinda, Politeknik Batam, Politeknik Jember, Politeknik Elektronika Surabaya, Politeknik Perkapalan Surabaya, Politeknik Ambon, Politeknik Malang, Politeknik Maritim Indonesia, Politeknik Banjarmasin.

“Daya saing tenaga kerja Indonesia saat ini masih kalah dari Singapura, Malaysia. Tapi lebih unggul dari Thailand, Filipina, Vietnam dan bahkan India. Revitalisasi politeknik diharapkan mampu meningkatkan mutu pekerja sehingga berdaya saing lebih baik,” ujar Menristekdikti M Nasir, di Politeknik Pertanian Pangkep, Makassar, Rabu (9/8/2017).

Baca juga :  Atasi Kesenjangan Potensi Jurnal PTKI, Pemerintah Kembangkan Portal
Advertisement

Ia menjelaskan, revitalisasi penting untuk memenuhi kebutuhan industri. Menurut dia, saat ini, kompetensi lulusan politeknik dan perguruan tinggi masih banyak yang tidak relevan dengan program pembangunan nasional.

“Akibatnya, kalangan industri harus melatih lulusan perguruan tinggi minimal 8 bulan dan menanggung biaya pelatihan. Dengan mendaptkan sertifikat keahlian, nanti lulusan perguruan tinggi bisa langsung bekerja sesuai kebutuhan industri,” katanya.

Edunews.

Kirim Berita via: [email protected]/[email protected]
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com