Kampus

Pemerintah Batalkan Permenristekdikti Terkait Organisasi Kemahasiswaan

 

 

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) membatalkan rencana perubahan Peraturan Menristekdikti (Permenristekdikti) terkait organisasi kemahasiswaan yang sempat menuai pro dan kontra.

Wacana tersebut kembali mencuat saat Ketua BEM UI Zaadit Taqwa beberapa waktu lalu memberikan kartu kuning kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam acara Dies Natalis UI ke-68. Salah satu tuntutanya adalah persoalan Permenristekdikti tentang Organisasi Mahasiswa karena dapat mengancam kebebasan berorganisasi dan gerakan kritis mahasiswa.

Seperti dilansir dari laman Ristekdikti, dalam keterangan tertulisnya, setelah menyerap aspirasi dari berbagai masukan, dan evaluasi melalui berbagai forum di antaranya rembuk nasional pimpinan perguruan tinggi bidang kemahasiswaan, maka sejak 18 Desember 2017 telah dihentkan pembahasan rancangan Peraturan Menteri tentang Organisasi Kemahasiswaan.

Berikut ketertangan resmi Kemristekdikti yang disampaikan dalam situs resminya:

Berkaitan dengan draf Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi tentang Organisasi Kemahasiswaan, Direktorat Kemahasiswaan, Ditjen Belmawa, Kemenristekdikti telah menyerap aspirasi, masukan, dan evaluasi dari berbagai pihak melalui berbagai forum di antaranya adalah rembuk nasional pimpinan perguruan tinggi bidang kemahasiswaan dan dengan pimpinan organisasi kemahasiswaan dari berbagai perguruan tinggi serta forum lainnya.

Setelah menyerap informasi, masukan dan aspirasi dari berbagai pihak tersebut maka Direktorat Kemahasiswaan sejak tanggal 18 Desember 2017 telah menghentikan pembahasan rancangan Peraturan Menteri tentang Organisasi Kemahasiswaan tersebut dan mengembalikan pengaturan tentang organisasi kemahasiswaan dikembalikan kepada statuta perguruan tinggi sebagaimana diamanatkan oleh UU Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi.

Demikian kami sampaikan atas perhatian dan kerja sama yang baik disampaikan terima kasih.

Facebook Comments

Most Popular

Edunews.

Kirim Berita via: redaksi@edunews.id/redaksiedunews@gmail.com
Iklan Silahkan Hub 08114167811

Copyright © 2016-2017 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!