Kampus

Pendaftaran SBMPTN Diperpanjang

SURABAYA, EDUNEWS.ID – Panitia Pusat Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2017 memutuskan untuk memperpanjang masa pendaftaran sampai Selasa, 9 Mei mendatang. Artinya, ada tambahan empat hari bagi calon mahasiswa yang belum memaksimalkan kesempatan pendaftaran. Sebab rencana sebelumnya, pendaftaran SBMPTN 2017 ditutup pada Jum’at (5/5/2017) pukul 22.00.

Namun, penuntasan pendaftaran SBMPTN dapat dilakukan hingga Selasa (9/5/2017) pukul 16.00. Pembayaran biaya seleksi SBMPTN akan diperpanjang sampai Senin (8/5/2017) pukul 16.00. Keputusan tersebut resmi dikeluarkan, Jum’at (5/5/2017) siang, di Surakarta.

Pengumuman disampaikan langsung oleh Ketua Panitia Pusat SNMPTN-SBMPTN 2017, Ravik Karsidi melalui siaran pers. Hal tersebut juga dibenarkan oleh Sekretaris Panlok 50 SBMPTN 2017 Surabaya, Yuni Sri Rahayu.

Baca juga :  Anak Gagal Seleksi PPDB, Pak Polisi ini Mengamuk

Perempuan yang menjabat sebagai Wakil Rektor Universitas Negeri Surabaya (Unesa) itu mengaku tidak terkejut dengan dilakukannya perpanjangan masa pendaftaran tersebut. Selain itu, pihaknya selaku Panlok 50 Regional Jawa Timur juga telah mempersiapkan diri dan membahasnya secara bersama-sama.

“Kami memang sudah memprediksi adanya kemungkinan terjadi perpanjangan. Kami sudah siap karena sudah kami rapatkan dan koordinasikan beberapa waktu sebelumnya,” urai Yuni.

Ihwal dilakukannya perpanjangan, Yuni menyatakan bahwa pihaknya mengikuti instruksi dari pusat.

“Sudah disampaikan pusat sesuai dalam siaran pers. Saya kira tidak perlu mengulang,” ujarnya.

Dijelaskan dia bahwa dalam upaya memperhatikan dinamika, khususnya di daerah 3T (Terdepan, Terluar, Tertinggal) dalam pelaksanaan SBMPTN 2017, maka secara resmi perpanjangan waktu meliputi pembayaran biaya seleksi dan pendaftaran.

Baca juga :  Aplikasi Anti Pornografi ala Mahasiswa IPB
Advertisement

Sementara itu, Yuni mengimbau agar para peserta atau pendaftar yang masih kesulitan memasukkan data yang dibutuhkan atau bagi peserta yang masih kesulitan dalam akses online bisa memanfaatkan perpanjangan ini.

“Kami harapkan pendaftar memanfaatkan waktu untuk finalisasi datanya. Tidak usah menunggu saat-saat terakhir,” kata Yuni.

Terlebih, dia mengungkapkan jika masih banyak dari peserta yang belum tuntas dalam melengkapi data dan persyaratan. Adapun data penting ialah foto dan berkas-berkas lainnya.

“Kadang foto tidak sesuai yang diminta. Ada juga yang belum ter-upload dengan baik, ada yang masih kosong. Kami harap data diisi dengan seriil mungkin,” imbuhnya.

Dia juga menekankan pentingnya mengisi alamat email dengan yang masih aktif. Pasalnya, email atau surat elektronik dimanfaatkan panitia bila ada masalah tertentu dan memberikan informasi kepada pendaftar.

“Sering ditemui email sudah tidak aktif. Email ini penting karena bila ada masalah maka advice atau saran solusi diberikan lewat email oleh panitia,” imbuhnya.

Terkait jaringan internet, Yuni mengaku sudah dalam kendali dan kondisi panitia. Sejauh ini telah berjalan cukup lancar.

EDUNEWS.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com