Kampus

PENTING! Prodi Tak Terakreditas, Mahasiswa Nggak Bisa Lulus

MENRISTEKDIKTI, M NASIR

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) mendesak perguruan tinggi swasta untuk mengajukan akreditasi institusi dan program studi. Hal tersebut sangat penting karena kampus dilarang meluluskan mahasiswa dari program studi yang belum terakreditasi.

Menristekdikti M Nasir menegaskan, akreditasi institusi dan program studi bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan perguruan tinggi swasta. Latar belakang pendirian perguruan tinggi swasta harus berlandaskan pada niat untuk membantu pemerintah dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan nasional.

“Pola pikir ketika saat mendirikan perguruan tinggi harus diperhatikan betul dengan melihat niat awal, yakni semata-mata tujuannya harus untuk mencerdaskan anak-anak bangsa. Tolong segera diajukan untuk diakreditasi, kalau tidak akan menjadi masalah ke depannya. Perguruan tinggi dalam peraturan tidak boleh meluluskan mahasiswa dari program studi yang belum terakreditasi,” ujar Nasir, di Kantor Kemenristekdikti, Jakarta, Kamis (23/2/2017).

Baca juga :  'Siapa Bilang Anak Miskin Itu Bodoh?, Justru IPK-nya Memuaskan'
Advertisement

Ia mengatakan, jika tak sanggup mengajukan akreditasi, perguruan tinggi swasta yang berada dalam satu yayasan lebih baik digabungkan (merger) agar pengelolaan keuangannya semakin kuat dan sehat sehingga mutu pendidikannya menjadi lebih baik.

“Upaya lainnya dengan meninjau peraturan-peraturan serta kebijakan mana yang relevan dan mana yang perlu diperbaharui,” katanya.

[NHN]

Edunews.

Kirim Berita via: [email protected]/[email protected]
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com