Kampus

Perkuliahan Berbasis Teknologi Mesti Dioptimalkan

ILUSTRASI

 

 

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Perkembangan teknologi informasi menuntut perguruan tinggi untuk mengoptimalkan penggunaannya dalam proses pembelajaran di dalam kelas. Proses pembelajaran yang akrab dengan teknologi akan membuat lulusannya juga menguasai teknologi sehingga semakin mudah diserap industri.

Wakil Rektor Podomoro University (PU), Johannes S Prajitno, menekankan pentingnya kampus terus melakukan inovasi dalam pembelajaran yang berbasis teknologi informasi (IT). Inovasi akan mempermudah dosen dan mahasiswa serta kalangan terdidik dalam menguasai iptek.

“Terlebih penting kita mampu mencetak lulusan profesional serta membangun karakter atau character building,” kata dia, di Jakarta, Senin (11/9/2017).

Kepala Koordinator Kehumasan Podomoro University, Edvi Gracia, mengatakan pihaknya saat ini tengah menggunakan MonSoonSIM sebagai aplikasi yang membantu pembelajaran di prodi bisnis. Aplikasi ini, kata Edvi, telah digunakan banyak universitas di negara-negara ASEAN.

Baca juga :  Bermasalah, Menrinstek Dikti Anulir Pemilihan Rektor di Empat Universitas

“MonSoonSIM merupakan alat bantu pengajaran tentang ‘business process’, yang mana murid belajar berdasarkan pengalaman atau experiential learning,” katanya.

Aplikasi ini juga yang akan digunakan PU untuk mempersiapkan mahasiswanya yang akan mengikuti kompetisi simulasi bisnis mahasiswa tingkat nasional. Dalam hal ini, PU akan menjadi tuan rumah ajang yang diikuti 24 tim dari 12 perguruan tinggi ini. Podomoro University mengirimkan dua tim mahasiswa dari Program Studi Akuntansi.

“Pemenang pada kompetisi ini berkesempatan untuk bertanding di tingkat internasional yang akan diselenggarakan di Bangkok,” jelasnya.

Lebih jauh, ia menjelaskan MonsoonSIM merupakan sebuah aplikasi proses bisnis yang diperkenalkan Monsoon Academy. Aplikasi ini berbasis Enterprise Resource Planning (ERP) yang dikemas dalam bentuk simulasi permainan.

Baca juga :  Satria Alza Perdana dan Zunnur Roin Wakili HMI Hadiri 'Sebangsa' PKPIM di Malaysia

Mahasiswa belajar mengenai seluruh proses bisnis meliputi bidang keuangan, penjualan, pembelian, pemasaran, inventarisasi, produksi, dan lain lain. Podomoro University yang menerapkan pembelajaran berbasis pengalaman juga telah menggunakan MonsoonSIM sebagai salah satu alat bantu pengajaran, terutama untuk Program Studi Akuntansi.

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com