Kampus

Pimpinan Japfa Makassar Bahas Kerja Sama dengan Unhas

MAKASSAR, EDUNEWS.ID – Rektor Unhas, Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA, menerima kunjungan pimpinan dan rombongan PT. Japfa Comfeed Indonesia, Tbk Makassar dan JAPFA Foundation, Selasa (25/2). Pertemuan yang berlangsung di Ruang Kerja Rektor, Lantai 8 Gedung Rektorat Unhas ini membahas rencana kerja sama pendidikan dan pengabdian masyarakat.

Japfa Comfeed Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang makanan, pertanian, dan peternakan terbesar di Indonesia. Perusahaan yang berdiri sejak tahun 1975 ini memproduksi berbagai kebutuhan peternakan dan pertanian, mulai dari pakan ternak berkualitas, bibit ternak unggul, peternakan ayam broiler, ikan, udang, dan sapi potong, hingga produk-produk makanan olahan yang menyeluruh dan terintegrasi.

Dalam pertemuan ini, Ir. Yahya Djanggola selaku Head of Japfa Comfeed menjelaskan bahwa kedatangan mereka ke Unhas dimaksudkan untuk menjajaki kerja sama lebih luas dalam bidang pendidikan dan pengembangan sumber daya manusia. Selama ini, Japfa sebenarnya telah menjalin interaksi yang intensif dengan Fakultas Peternakan Unhas, sehingga dianggap perlu untuk memformalkan kerja sama hingga bisa mencakup area yang lebih luas.

“Kami sebenarnya telah berinteraksi dengan Unhas, khususnya melalui Fakultas Peternakan. Beberapa kali kami mengadakan kegiatan bersama, terutama untuk memenuhi kebutuhan dalam pemagangan dan pelatihan. Kami juga menawarkan beasiswa untuk mahasiswa-mahasiswa yang memenuhi syarat,” kata Yahya.

Baca juga :  Hebat, Tiga Prodi Unair Sedang Proses Akreditasi Tingkat ASEAN

Sementara Head of Unit PT. Japfa Comfeed Indonesia, Tbk Makassar (Donny Babay) mengatakan bahwa Japfa merupakan perusahaan pakan ternak yang pertama hadir dari Makassar. Di tingkat nasional, perusahaan yang berkantor pusat di Sidoarjo, Jawa Timur ini telah menjalin kerja sama dengan berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

“Kami pikir, kami harus ke Unhas juga. Selain ada tanggung jawab sosial kami untuk turut mengembangkan sumber daya manusia dan pendidikan tinggi, juga perusahaan kami selama ini memiliki banyak sumber daya yang merupakan alumni Unhas. Semua memiliki kinerja yang membanggakan,” kata Donny.

Rektor Unhas, Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA, menyambut hangat gagasan dari Japfa Comfeed Indonesia dan Japfa Foundation. Apalagi dewasa ini ada kebijakan baru dari kementerian yang mengharuskan mahasiswa diberi ruang untuk menimba ilmu langsung dari dunia kerja.

“Saya sangat mengapresiasi kehadiran Japfa hari ini. Kami di perguruan tinggi sekarang ada kebijakan Merdeka Belajar, dimana mahasiswa harus kita berikan pengalaman praktek yang langsung dari dunia kerja. Jadi bukan hanya teori saja. Untuk itu, kami membutuhkan kemitraan dengan industri dan swasta,” kata Prof. Dwia.

Baca juga :  Pertengahan April, Alumni Ilmu Ekonomi Unhas Gelar Family Gatheting

Dalam pembicaraan yang berlangsung hangat selama sejam lebih, masing-masing pihak mendiskusikan peluang-peluang kolaborasi yang dapat disinergikan. Pihak Japfa, misalnya, memperkenalkan model magang dengan sistem project based, dimana mahasiswa diarahkan untuk terlibat dalam kegiatan yang didesain sesuai kebutuhan. Mahasiswa bahkan dapat menjadikan program ini sebagai ruang untuk mempersiapkan tugas akhir atau skripsi.

Menurut rencana, dalam waktu dekat kedua belah pihak akan memformalkan kerja sama dalam bentuk penandatanganan nota kesepakatan. Sementara itu, pada hari Rabu (26/2) esok akan diselenggarakan sosialisasi program-program PT. Japfa Comfeed Indonesia, Tbk dan Japfa Foundation kepada mahasiswa Unhas.

Nama-nama rombongan PT. Japfaa Comfeed Indonesia, Tbk Makassar dan Japfa Foundation:

1. Donny Babay (Head of Unit PT. Japfa Comfeed Indonesia, Tbk Makassar)
2. Ruhul Arqam Z (Head of Sales PT. Japfa Comfeed Indonesia, Tbk Makassar)
3. Murad Sueb (Customer Care PT. Japfa Comfeed Indonesia, Tbk Makassar)
4. Ir. Yahya Djanggola (Head of Japfa Foundation)
5. M. Ichsan Alma’i (Head of EQIP Japfa Foundation)
6. Dian Winarthi (EQIP Officer Japfa Foundation)
7. Paulina Dessy Wulandari (Recruitment and Talent Manager PT. Suri Tani Pemuka)

Baca juga :  Perlu Sinergi dalam Penanggulangan Resiko Bencana

Nama-nama pejabat Unhas yang hadir:

1. Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA (Rektor Unhas)
2. Prof. Dr. Ir. Lellah Rahim, M.Sc (Dekan Fakultas Peternakan Unhas)
3. Prof. Muhammad Yusuf, S.Pt, Ph.D (Wakil Dekan Bidang Akademik, Riset, dan Inovasi Fakultas Peternakan Unhas)
4. Prof. Dr. Ir. Jasmal A. Syamsi, M.Si (Wakil Dekan Kemahasiswaan, Alumni, dan Kemitraan Fakultas Peternakan Unhas)
5. Prof. Dr. Ir. Rohani Ambo Rappe, M.Si (Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan)
6. Ir. Suharman Hamzah, MT, Ph.D (Direktur Komunikasi Unhas)
7. Dr. Ir. Amidah Amrawaty, S.Pt., M.Si (Kasubdit Penyiapan Karir, Direktorat Alumni dan Penyiapan Karir, Unhas)
8. Ishaq Rahman, S.IP, M.Si (Kasubdit Humas dan Informasi Publik, Direktorat Komunikasi, Unhas).

Edunews.

Kirim Berita via: redaksi@edunews.id/redaksiedunews@gmail.com
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!