Kampus

Ratusan PTS di Jakarta Berakreditas B dan C

 

 

 

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Akreditasi ratusan perguruan tinggi swasta (PTS) di Jakarta masih B dan C. Hanya sembilan PTS yang sudah mendapatkan akreditasi A. Di antaranya, Universitas Bina Nusantara, Universitas Tarumanagara, Universitas Mercu Buana, dan Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya.

Dari sembilan PTS itu, Untar baru dua hari lalu mendapatkan akreditasi A dari Badan Akreditasi Perguruan Tinggi (BAN PT). Untar sukses meningkatkan akreditasinya dari B ke A dalam waktu satu tahun.

“Ini prestasi besar bagi Untar setelah setahun berjuang untuk memenuhi kualifikasi standardisasi yang ditetapkan BAN PT. Dari 300 PTS Kopertis III, baru sembilan yang akreditasi A. Lainnya akreditasi B dan C,” kata Rektor Untar Agustinus Purna Irawan di Jakarta, Kamis (28/9/2017).

Baca juga :  Nggak Lulus SNMPTN/SBMPTN? Tenang, Masih Ada Jalur ini
Advertisement

Untuk meraih akreditasi A, menurut Agustinus, ada syarat-syarat yang harus dipenuhi. Salah satunya menjalankan tri dharma perguruan tinggi. Yakni pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Selama ini, banyak PT yang hanya fokus pada proses pembelajaran tetapi melupakan tri dharma kedua dan tiga.

“PTS yang ingin mendapatkan akreditasi A harus memenuhi tujuh standar yang ditetapkan BAN PT. Salah satunya standar pengajar di PT yaitu 45 persen pengajar bergelar doktor dan sepuluh persen guru besar atau profesor. Standar lainnya adalah jumlah publikasi jurnal internasional maupun nasional serta komposisi dosen minimal S2,” ucapnya.

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com