Kampus

Rektor IAIN Lhoukseumawe : Konsep Pesantren Solusi Menuju Aceh Madani

LHOUKSEUMAWE, EDUNEWS.ID – Sekretaris Jenderal Kementerian Agama Nur Syam mengingatkan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) untuk mempertahankan tugas utamanya (core business) dalam pengembangan studi keislaman.

Hal ini disampaikan Nur Syam saat berdiskusi dengan civitas akademika dan mahasantri Mahad Al Jamiah IAIN Malikussaleh Lhoukseumawe. Menurutnya, mengembangkan disiplin ilmu agama Islam menjadi tugas akademik yang harus dijaga PTKIN.

Rektor IAIN Lhoukseumawe Hafifuddin menegaskan komitmennya untuk mengembangkan Mahad Al Jamiah. Menurutnya, konsep pesantren bisa menjadi solusi sekaligus jembatan emas menuju Aceh yang madani.

“Kami berusaha keras agar bisa membangun pesantren. Kita lakukan secara bertahap. Tahun lalu dapat 65, tahun ini semoga bisa 140,” katanya.

Baca juga :  UNS akan Bangun Kampus di Luar Daerah

Keberadaan Mahad Al Jamiah di IAIN Lhoukseumawe disambut baik oleh wali mahasantri. Menurut Direktur Ma’had Jamiah Fakhrurrazi, wali santri merasa kagum karena anaknya sudah fasih berbahasa Arab dan Inggris, meski belum lama berada di pesantren. “Ini tidak terlepas dari usaha kami membuat biat lughawiyah (zona bahasa). Seminggu wajib berbahasa Arab dan seminggu bahasa Inggris,” katanya.

Advertisement

Mahad Al Jamiah baru berjalan satu tahun. Total ada 65 mahasantri yang semuanya adalah perempuan dan sedang menjalani semester dua. Karena keterbatasan lokasi, mereka hanya berada di Mahad Al Jamiah selama setahun karena harus digantikan oleh mahasanti baru lainnya.

“Orang tua berharap agar program ini tidak hanya satu tahun, tapi sampai selesai kuliah. Hanya kapasitas ruang yang ada terbatas sehingga harus bergantian dengan adik tingkatannya,” tandasnya.

EDUNEWS.ID

Edunews.

Kirim Berita via: [email protected]/[email protected]
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com