Kampus

Respon Covid-19, Bantuan Fakultas Hukum Unhas Berbasis Ramah Lingkungan

MAKASSAR, EDUNEWS.ID – Dalam rangka turut serta merespon wabah Covid-19, Fakultas Hukum (FH) Universitas Hasanuddin menggelar Kegiatan Amaliyah Ramadhan dengan membagikan bahan-bahan kebutuhan pokok kepada kelompok masyarakat terdampak. Kegiatan berlangsung di pelataran Fakultas Hukum Unhas, Kampus Tamalanrea, pada Selasa (19/5/2020).

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Rektor Unhas (Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA), Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni (Prof. Dr. drg. A. Arsunan Arsin, M.Kes), Dekan FH Unhas (Prof. Dr. Farida Patittingi, M.Hum) dan jajarannya.

Sebanyak 150 paket bahan pokok diberikan sebagai bantuan untuk pegawai, tenaga kependidikan, pegawai harian, satuan pengamanan, petugas kebersihan, para penjual kantin dan mahasiswa Fakultas Hukum yang tinggal indekost di Makassar.

Baca juga :  Universitas Negeri Bengkulu Usir 24 Mahasiswa Papua dari Asrama

Dekan FH Unhas, Prof. Farida Patittingi menjelaskan bahwa bantuan yang diberikan ini bersumber dari donasi kolaborasi antara dosen-dosen dan alumni Fakultas Hukum Unhas. Dalam situasi normal, sivitas akademika FH Unhas dan alumni-alumni selalu menjalin komunikasi dengan baik.

“Ketika wabah Covid-19 semakin meluas, komunikasi kami dengan alumni-alumni kemudian diarahkan pada gagasan untuk turut mendukung persoalan bangsa bahkan dunia ini. Maka, kami kemudian menggalang donasi bersama, yang memang sejak awal ditujukan untuk membantu kelompok masyarakat yang membutuhkan,” kata Prof. Farida.

Pembagian bahan pokok oleh FH Unhas merupakan tahap ke-4 yang dilakukan selama masa pandemi Covid-19. Hal ini menunjukkan kepedulian sivitas akademi dan alumni FH Unhas terus berjalan selama masa pandemi.

Baca juga :  Fakultas Hukum Unhas Gelar Webinar Bidang Kemahasiswaan
Advertisement

Rektor Unhas, Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA, memberi apresiasi atas responsivitas dan kepedulian jajaran sivitas akademika Fakultas Hukum Unhas. Dirinya berharap, kolaborasi dan sinergi dapat menjadi spirit bersama seluruh elemen di Unhas.

“Sejak awal pandemi, kita di Unhas telah turun tangan tanpa henti. Dengan semangat iman, ilmu, amal padu mengabdi sebagaimana tertuang dalam mars Unhas, kita bahu-membahu bersama elemen lainnya, sesuai kapasitas dan kompetensi kita masing-masing,” kata Prof. Dwia.

Pembagian bahan pokok kepada kelompok yang membutuhkan selalu menjadi perhatian jajaran Unhas dan fakultas-fakultas. Berangkat dari semangat Unhas sebagai kampus Humaniversity, kelompok rentan dan paling terdampak menjadi perhatian utama.

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswa, Alumni, dan Kemitraan FH Unhas, Dr. Muh. Hasrul, SH, MH, menjelaskan bahwa pada pembagian bahan pokok kali ini, pihaknya melakukan terobosan dengan menggunakan tas kain sebagai pembungkus bahan pokok. Hal ini dimaksudkan untuk mengurangi penggunaan plastik yang berpotensi dampak negatif bagi lingkungan.

“Kami selama ini melihat banyak aktivitas pembagian bahan pokok dan makanan di berbagai tempat. Kali ini kami ingin mengirimkan sinyal, bahwa dalam situasi pandemi ini, kepedulian terhadap lingkungan yang lestari tetap diperhatikan. Itulah sebabnya kami menggunakan tas kain,” kata dosen yang akrab disapa Dr. Lulu ini.

 

 

(*/ir)

 

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com