Kampus

Rumah Dinas Dosen Berubah Fungsi Jadi Kos, Mahasiswa USU Dipatok Harga Rp juta

TERLIHAT DUA PEKERJA SEDANG MEMPERBAIKI RUMAH DINAS DOSEN UNIVERSITAS SUMATERA UTARA (USU)

MEDAN, EDUNEWS.ID – Berdasarkan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 22/PRT/M/2008 tentang Pedoman Teknis Pengadaan, Pendaftaran, Penetapan Status, Penghuni, Pengalihan Status, dan Pengalihan Hal Atas Rumah Negara, penghuni rumah negara dilarang menyerahkan sebagian atau seluruh rumah kepada pihak lain, mengubah sebagian atau seluruh bentuk rumah, dan menggunakan rumah tidak sesuai fungsinya.

Namun, hampir semua rumah dinas dosen Universitas Sumatera Utara (USU) memang dikembangkan sehingga memiliki kamar kos-kosan. Biasanya kos-kosan dibangun terpisah dari rumah dinas.

Seperti dilansir dari Tribun Medan, banyak mahasiswa menyewa kamar indekos di perumahan dosen USU. Harga sewa kamar bervariasi, mulai dari Rp 500 ribu per bulan hingga Rp 1 juta per bulan.

Baca juga :  Ketua MPR ajak Mahasiswa Merawat Kebhinekaan

Seorang mahasiswa berinisial F, mengaku menyewa kamar kos di rumah dosen dengan tarif Rp 800 ribu per bulan. Ia mengaku memilih kos di rumah dinas dosen tersebut karena jaraknya dekat dengan kampus, sehingga tak memerlukan biaya transportasi untuk pergi kuliah. F bilang telah menyewa kamar kos tersebut sejak tahun 2015.

“Banyak juga kok mahasiswa yang kos di rumah dinas dosen USU sekitar sini. Saya tahu ada kos di sini dari teman. Karena lokasinya dekat kampus, jadi saya pilih di sini. Kalau kos di luar kan harus ongkos lagi, kalau pun tidak pasti agak jauh dari kampus,” kata F saat ditemui di sekitar Pendopo USU.

Baca juga :  Kemendikbud: Kalender Akademik Kami Upayakan tidak Merugikan Mahasiswa

F mengaku tidak paham bila rumah dosen yang disewakan merupakan pelanggaran. Menurutnya, selama ini tidak ada larangan terkait hal ini.

“Kalau melanggar, kenapa dibolehkan? Lagi pula ini kan sudah lama, bukan hanya baru-baru ini saja,” katanya.

EDUNEWS.ID

Edunews.

Kirim Berita via: [email protected]/[email protected]
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com