Kampus

Sampaikan Kuliah Umum, OSO Pertanyakan Peran Mahasiswa

Wakil Ketua MPR Oesman Sapta

 

 

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Wakil Ketua MPR Oesman Sapta menyampaikan kuliah umum di depan civitas akademika Universitas Negeri Padang (UNP) di Padang, Jum’at (7/7/2017). Dalam kuliah umum sekaligus Sosialisasi Empat Pilar MPR ini Oesman Sapta kembali mengingatkan peran mahasiswa sebagai agen perubahan politik di Indonesia.

“Tahun 1928 adalah peran pemuda dan mahasiswa. Tahun 1945 peran pemuda. Tahun 1966, peran mahasiswa. Tahun 1978 peran mahasiswa. Tahun 1998, peran mahasiswa. Mahasiswa adalah pejuang bangsa. Ini yang sering tidak diungkapkan,” katanya dalam sosialisasi yang dihadiri sekitar 400 mahasiswa pendidikan profesi guru UNP itu.

Dia menegaskan sejatinya mahasiswa berperan dalam perubahan politik. Namun sayangnya, saat ini mahasiswa tak ketahuan rimbanya.

Baca juga :  STAIN Meulaboh Kirim Mahasiswa Ikuti KPM Perdana

“Kemana kalian sekarang. Yang melakukan perubahan politik adalah mahasiswa. Tapi dimana kalian sekarang?,” tanya OSO panggilan akrab Oesman Sapta.

Untuk itu dia meminta para mahasiswa untuk tidak meninggalkan masalah yang sedang dihadapi bangsanya. Sebab masa depan bangsa kata OSO ada ditangan generasi muda. Kepada mahasiswa UNP, OSO juga mengingatkan pentingnya pengalaman (experience) dibanding titel kesarjanaan. Sebuah titel kata OSO tidak akan bermanfaat tanpa adanya pengalaman.

“Kalian harus belajar di lapangan. Akan lebih baik punya pengalaman dibanding titel. Tapi lebih baik lagi kalau punya pengalaman dan lulus kuliah mempunyai titel,” katanya.

Kuliah umum dan Sosialisasi Empat Pilar di UNP dihadiri Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno, Rektor UNP Prof Ganefri PhD, anggota DPD dari Sumatera Barat (Leonardy Harmaini, Emma Yohana), anggota DPD dari Bangka Belitung, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara.

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com