EDUNEWS

Seminar Nasional Tahunan Teknik Mesin Unhas Ke-3 Bahas Kemandirian Energi Nasional

MAKASSAR, EDUNEWS.ID – Departemen Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin kembali menggelar Program Seminar Nasional Tahunan Teknik Mesin Unhas yang ketiga kalinya dengan memaparkan hasil-hasil penelitian yang mencakup bidang-bidang teknik mesin antara lain Konversi Energi, Konstruksi, Material dan Mekatronika, Selasa (24/11/2020).

Seminar Nasional Tahunan yang dirangkaikan dengan Pameran Virtual Teknik Mesin 2020 tersebut, mengangkat tema “Membangun Sinergitas U-I-G Menuju Kemandirian Energi Nasional” yang digelar di Ruang Senat COT Lt.2 Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin.

Kepala Departemen Teknik Mesin, Dr. Eng Jalaluddin S.T., M.T. mengharapkan para peneliti dan mahasiswa dari institusi perguruan tinggi, praktisi industri dan pemerintah dapat meningkatkan kolaborasi dan membangun sinergitas yang nyata dalam inovasi di era disrupsi dan implementasi yang efisien dan efektif dalam rangka meningkatkan kemaslahatan bangsa menuju kemandirian energi nasional.

Baca juga :  Gaji PNS Naik 5% Tahun Depan

Adapaun jumlah paper yang submit sebanyak 38 Paper yang merupakan partisipasi dari 11 Universitas/Poltek se-Indonesia (Universitas Hasanuddin, Universitas Balikpapan, Politeknik Negeri Padang, Universitas Udayana, Universitas Negeri Makassar, Universitas Gunadarma, Universitas Cendrawasih, Universitas Nusa Cendana, Universitas Syiah Kuala, Universitas Andalas , Universitas Kristen Indonesia Toraja).

Dalam acara yang dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Teknik Unhas, Prof. Dr. Ir. Arsyad Thaha M.T., kepesertaan tidak hanya dari berbagai Institusi melainkan juga diikuti oleh 14 Laboratorium di Teknik Mesin Unhas, sekaligus menjadi ajang sharing hasil penelitian di laboratorium masing-masing.

Ketua panitia dalam kegiatan yang didukung penuh oleh PT. Semen Bosowa dan PT. PLN UIKL Sulawesi ini, Dr. Eng. Novriany Amaliyah S.T., M.T. melaporkan bahwa total peserta Seminar yang hadir mencapai 384 peserta via Zoom Meeting dan 39 peserta lainnya via luring di ruang senat FTUH.

Baca juga :  Nasir Minta Pelaku Bullying Ditindak
Advertisement

Para Keynote Speaker berasal dari akademisi dan praktisi energi dari berbagai instansi, seperti Prof. Dr. Ario Sunar Baskoro ST., MT., M.Eng selaku Sekretaris Jenderal BKSTM se-Indonesia. Prof Ario membawakan materi tentang “Tantangan Universitas dalam Membangun Sinergitas University-Industry-Government dalam Pengembangan Riset di Bidang Teknik Mesin”.

Pembicara kedua oleh Bapak Alimuddin Baso ST., M.B.A., beliau selaku Direktur Perencanaan dan Pembangunan Infrastruktur Migas Kementerian ESDM. Bapak Alimuddin membawakan materi tentang “Upaya Mendukung Kemandirian Energi melalui Pembangunan Jaringan Gas Bumi untuk Rumah Tangga”.

Pembicara ketiga oleh Prof. Dr. Ing. Wahyu H. Piarah, MSME, selaku Guru Besar Teknik Mesin Universitas Hasanuddin. Prof Wahyu membawakan materi tentang riset beliau di bidang pemanas dan perpindahan massa yakni “Utilisasi Energi Panas (Kalor) Terbuang ; Peluang dan Tantangan”.

Pemateri terakhir dibawakan oleh Bapak Eliezer Tangyong S.T., M.M., beliau merupakan profesional di bidang perminyakan, PT. Star Energy. Beliau mampu menutup sesi seminar dengan penuh harap bahwa masa depan industri energi tidak hanya bertumpu pada Oil and Gas saja melainkan penuh besar harapan pada EBT (Energi Baru dan Terbarukan) baik global maupun nusantara.

Edunews.

Kirim Berita via: [email protected]/[email protected]
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com