Kampus

SIR : UI jadi Kampus Terbaik Dibidang Kedokteran Gigi

Kampus Universitas Indonesia/Ilustrasi.

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Universitas Indonesia (UI) dinobatkan sebagai universitas terbaik nasional di bidang Kedokteran Gigi. Prestasi tersebut dirilis oleh lembaga Scimago Institutions Ranking (SIR) by Subject Areas 2021. UI berhasil meraih peringkat ke-35 di Asia dan posisi ke-238 di dunia dari total 694 universitas.

Penilaian universitas terbaik sendiri dilakukan berdasarkan dari tiga indikator yaitu kinerja penelitian (50%), inovasi (30%), dan akses keterbukaan masyarakat (20%) yang diukur dari visibilitas web. Dalam kategori riset terdapat empat penilaian seperti jumlah jurnal, kolaborasi internasional, keterbukaan akses, dan jumlah publikasi yang banyak disadur atau dibaca oleh masyarakat. Untuk kategori inovasi sendiri terdiri dari dampak teknologi dan hak paten.

UI sendiri menang dalam indikator faktor riset pada tahun 2021. Hal tersebut terlihat dari meningkatnya jurnal penelitian yang telah terpublikasi dalam data Scopus pada kurun waktu 2015-2019.

Rektor UI Ari Kuncoro mengapresiasi kinerja dari lembaga penelitian, para dosen, dan peneliti di UI yang terus mengembangkan riset-riset berkualitas. Ia berharap agar Fakultas Kedokteran UI bisa terus menghasilkan penelitian yang berkaitan dengan permasalahan di masyarakat.

“Tentu keberhasilan sebagai universitas terbaik ini tidak terjadi hanya karena kemampuan UI sendiri. Dengan mengedepankan kolaborasi antar pemangku kepentingan, diharapkan di masa depan kita dapat terus menghasilkan penelitian-penelitian berkualitas yang tidak hanya dinilai dengan publikasi internasional, namun juga mempunyai relevansi terhadap permasalahan di masyarakat,” kata Ari dikutip dari situs resmi UI.

Sebagai informasi, SIR adalah lembaga pemeringkatan universitas yang mengambil data berdasarkan indeks publikasi ilmiah dari pangkalan data Scopus. Sedangkan, Scopus merupakan bagian dari Elsevier yang juga mengelola Sciencedirect sebagai portal penyedia riset jurnal.

Setiap tahunnya , SIR mengeluarkan data pemeringkatan universitas terbaik di dunia untuk melihat kegunaan riset dan penelitian suatu universitas terhadap masyarakat.

Baca juga :  Seluruh Kampus Didorong Terapkan Pendidikan Bela Negara

dtk

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com