Kampus

Temukan Calo, Kampus Ini Beri Hadiah Rp 100 Juta

SURABAYA, EDUNEWS.ID--Maraknya isu terkait merajalelanya sejumlah calo bagi mahasiswa baru membuat Universitas Airlangga (Unair) Surabaya secara terang-terangan akan memberikan Rp 100 juta untuk siapa pun yang berhasil menemukan calo penerimaan mahasiswa baru.

Kebijakan Unair ini diluncurkan guna membersihkan isu yang beredar pada masyarakat tentang jual-beli kursi dalam penerimaan mahasiswa setempat.

“Informasi yang beredar masyarakat memanfaatkan jasa calo untuk bisa masuk ke PTN di jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan jalur mandiri,” kata Rektor Unair Prof Mohammad Nasih di Surabaya, Rabu (15/6/2016) lalu.

Dengan adanya isu-isu yang berkembang di masyarakat, ia mengatakan Unair akan memberikan Rp 100 juta untuk memberantas jasa calo yang bisa merusak generasi bangsa.

Baca juga :  Harry Azhar Azis Dikukuhkan jadi Guru Besar Ilmu Ekonomi UNAIR

“Kami menginginkan generasi bangsa ini bisa jujur dan benar-benar sesuai dengan persyaratan mahasiswa baru kami, sehingga jika ada yang mengetahui adanya praktek calo ini bisa segera menghubungi Badan Pengawas Internal (BPI) atau PIH (Pusat Informasi dan Humas) Unair,” jelasnya.

Menurut dia, calo-calo kursi PTN ini kemungkinan juga bagian dari orang dalam atau akademik sendiri, seperti pegawai PTN, staf, dan dosen, sehingga pihaknya akan menerapkan sistem untuk menghindari praktek calo.

“Jika pegawai, staf, maupun dosen kami terbukti melakukan praktek percaloan, maka akan diberikan sanksi, bahkan apabila kasusnya dalam kategori berat, maka ia akan diberhentikan,” katanya.

[Ant]

Facebook Comments

Edunews.

Kirim Berita via: redaksi@edunews.id/redaksiedunews@gmail.com
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!