Kampus

Tingkatkan Pelayanan Kesehatan Masyarakat, Rektor UGM Usulkan Pengembangan Academic Health System

YOGYAKARTA, EDUNEWS.ID – Untuk meningkatkan layanan kesehatan masyarakat, Rektor Universitas Gajah Mada (UGM) Dwikorita Karnawati mengusulkan tentang pengembangan Academic Health System (AHS).

Menurutnya, diperlukan perluasan jaringan AHS, termasuk dengan rumah sakit yang dikelola Kementerian Kesehatan untuk meningkatkan kualitas pendidikan kedokteran.

Sementara, Dekan Fakultas Kedokteran (FK) UGM Ova Emilia menyatakan dukungannya  terkait pendirian Program Pendidikan DLP oleh pemerintah. Menurutnya, dengan pendirian program ini menjadi peluang untuk penguatan sumber daya manusia di bidang layanan primer.

“Puskesmas seolah sebagai batu loncatan untuk dokter. Lewat program DLP ini tidak hanya memperkuat SDM di layanan primer, tetapi juga di sisi karier,” tuturnya.

Sebelumnya, Komisi X DPR RI mendorong Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) didorong untuk segera menerbitkan Peraturan Pemerintah (PP) turunan dari UU Nomor  20 Tahun 2013 tentang Pendidikan Kedokteran (UU Dikdok), khususnya Program Studi Dokter Layanan Primer (Prodi DLP).

Baca juga :  Jokowi Minta Layanan Bandara Ditingkatkan

[NHN]

Facebook Comments

Edunews.

Kirim Berita via: redaksi@edunews.id/redaksiedunews@gmail.com
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!