Kampus

Unhas dan BPS Sulsel Gelar Rapat Koordinasi Sukseskan Sensus Penduduk 2020

MAKASSAR, EDUNEWS.ID – Dalam rangka meningkatkan keterlibatan Perguruan Tinggi untuk suksesnya Sensus Penduduk 2020, Universitas Hasanuddin melalui Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) bekerja sama dengan Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sulawesi Selatan, menyelenggarakan Rapat Koordinasi Sensus Penduduk 2020. Kegiatan yang dirangkaikan dengan pengukuhan Sahabat Sensus tersebut berlangsung di Science Building FMIPA Unhas, Kampus Tamalanrea, Makassar, Selasa (03/03).

Mengawali kegiatan, Rektor Unhas, Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA, dalam sambutannya menegaskan bahwa Unhas memiliki komitmen untuk bersama-sama pemerintah membantu menyukseskan Sensus Penduduk 2020.

“Sensus Penduduk ini maknanya sangat penting bagi banyak hal, termasuk untuk proses perencanaan pembangunan, serta untuk kajian akademik. Ini menuntut tanggung jawab bersama. Unhas sebagai Perguruan Tinggi selalu siap berkontribusi mendukung Sensus Penduduk yang akurat,” jelas Prof Dwia.

Baca juga :  52 Politeknik Kesehatan akan Ditutup

Lebih lanjut, Prof Dwia menuturkan peran masyarakat untuk aktif melakukan kelengkapan data kependudukan sangat dibutuhkan. Sebab hal ini akan berdampak pada arah kebijakan pembangunan yang dilakukan Indonesia dimasa mendatang.

“Dengan ketersediaan data yang benar, lengkap dan valid akan menjadi tolak ukur pengembangan sumber daya Indonesia. Apalagi era digital saat ini semakin memudahkan kita untuk melengkapi data melalui sistem online. Jadi, sepertinya tidak ada alasan jika data kita belum lengkap,” lanjut Prof Dwia.

Kepala BPS Provinsi Sulawesi Selatan, Yos Rusdiansyah, S.E., MM., menyampaikan terima kasih atas kolaborasi yang selama ini terjalin dengan civitas akademika Unhas. Beliau mengatakan, jika seluruh civitas akademik Unhas dengan jumlah kurang lebih lima ribu orang bisa berperan aktif maka diharapkan mampu memenuhi target Sensus Penduduk yang diharapkan.

Baca juga :  Menristekdikti Ingatkan Dosen dan Rektor Agar tidak Ikut Organisasi Terlarang

“Sensus penduduk secara online sudah kami lakukan sejak 15 Februari dan akan berakhir 31 Maret. Kami berharap Unhas bisa membantu memenuhi target yang diharapkan,” jelas Yos.

Yos kembali mengatakan bahwa sensus penduduk online hadir dengan menawarkan kemudahan, kenyamanan dan keamanan. Sebab, dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun serta adanya sistem kerahasiaan data.

Dekan FMIPA Unhas, Dr. Eng. Amiruddin, M.Si., menambahkan bahwa kegiatan tersebut merupakan implementasi dari kesepakatan kerja sama yang sudah dilakukan dengan BPS Provinsi Sulawesi Selatan.

“Setelah beberapa waktu lalu MoU disepakati, kita kemudian mengimplementasikan dengan hadirnya Pojok Statistik, Kampung Statistik, dan sekarang mendukung suksesnya Sensus Penduduk 2020. Sebagaimana pesan Ibu Rektor, kami dari awal berkomitmen agar kegiatan ini berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan,” kata Dr. Amiruddin.

Baca juga :  Mahasiswa UIN Syarief Hidayatullah Ciptakan Aplikasi Ibadah Haji

Dalam kegiatan ini juga dikukuhkan sahabat sensus yang berasal dari mahasiswa Program Studi Statistik Unhas. Sahabat sensus ini nantinya akan bersama BPS Provinsi Sulsel melakukan sosialisasi mengenai Sensus Penduduk 2020 kepada masyarakat.

Dengan adanya kerjasama antara civitas akademik Unhas dan Pemerintah maka diharapkan sosialisasi sensus penduduk kepada masyarakat bisa menyebar dengan cepat.

Acara pembukaan yang dihadiri oleh seluruh unsur civitas akademik FMIPA Unhas dan pihak BPS Provinsi Sulsel, beberapa tamu undangan serta mahasiswa berlangsung hingga pukul 11.10 Wita.(*)

 

Edunews.

Kirim Berita via: [email protected]/[email protected]
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com