Kampus

Unhas Gelar Gerakan Sholat dan Mengaji Secara Virtual

MAKASSAR, EDUNEWS.ID – Universitas Hasanuddin kembali menyelenggarakan Gerakan Mengaji dan Sholat Berjamaah (GUMSB). Agenda rutin tersebut berlangsung pukul 16.00 Wita secara virtual melalui aplikasi zoom meeting, Selasa (13/10/2020).

Mengawali kegiatan, Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM), Dr. Aminuddin Syam, SKM., M.Kes., M.Med., selaku panitia penyelenggara pada kesempatan GUMSB virtual pertama menyampaikan terima kasih atas antusias para peserta yang mengikuti kegiatan.

Gerakan Unhas Mengaji dan Sholat Berjamaah (GUMSB) merupakan kegiatan yang telah berlangsung sejak tiga tahun lalu. Dalam pelaksanaannya dilakukan secara langsung. Namun, mengingat kondisi pandemi Covid-19 sehingga kegiatan sempat terhenti dan kemudian dilanjutkan kembali secara virtual.

“Gerakan ini sangat bermanfaat, menenangkan pikiran setelah hampir tujuh bulan diisi oleh ketakutan. Kita bisa mengaktifkan kembali pikiran kepada Allah Swt., sekaligus membangun hubungan silaturahmi antara para pimpinan universitas dengan mahasiswa,” jelas Dr. Aminuddin.

Baca juga :  Pasca Lakukan Pemagaran, BSD Siap Fasilitasi Keberlangsungan Kuliah Mahasiswa SGU

Diakhir sambutannya, Dr. Aminuddin menuturkan meskipun Unhas bukan perguruan tinggi Islam, namun tetap berupaya menghadirkan ruang yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan iman dan taqwa serta menyeimbangkan ilmu dunia dan akhirat.

Mewakili pimpinan Universitas, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unhas, Prof. drg. A. Arsunan Arsin, M.Kes., menjelaskan gerakan ini dihadirkan untuk meningkatkan iman dan taqwa seluruh civitas akademika. Olehnya itu, diharapkan seluruh unsur bisa terlibat.

Advertisement

“Meskipun pandemi, kegiatan harus tetap berlanjut. Kegiatan seperti ini kita harapkan bisa menyeimbangkan kecerdasan emosional dan spiritual. Jadi, mahasiswa tidak hanya cerdas dunia, namun juga memiliki bekal untuk akhirat dan menjadi penerus bangsa yang berintelektual dan memberikan banyak manfaat kepada masyarakat,” jelas Prof Arsunan.

Usai pembukaan secara resmi, kegiatan dilanjutkan dengan mengaji bersama Quran Surah Ar-Ra’du. Kemudian dilanjutkan dengan mendengarkan tausiah singkat dari Ust. H. Bahrunnida Amin, Lc.,

Meskipun berlangsung secara virtual, para peserta menyambut baik kegiatan dengan terlibat secara aktif mengaji bersama dan mengajukan diri untuk memperbaiki bacaan Quran mereka.

Kegiatan yang dipandu oleh Drs. Sulaiman Gosalam, M.Si., (Penanggung jawab GUMSB) selaku moderator dan diikuti kurang lebih 800 peserta berlangsung lancar hingga pukul 17.45 Wita.(*/mir)

 

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com