Kampus

Unhas Gelar Wisuda Periode Tiga Tahap II Bagi 877 Lulusan Baru

Universitas Hasanuddin Makassar menggelar wisuda di Baruga A.P Pettarani, Kampus Tamalanrea, Makassar dengan penerapan protokol Covid-19 dan terhubung secara virtual melalui aplikasi zoom meeting dan live streaming di kanal youtube Unhas, Selasa (16/03/2021).

MAKASSAR, EDUNEWS.ID – Universitas Hasanuddin kembali menggelar wisuda bagi 877 lulusan Program Sarjana, Magister, Doktor, Spesialis dan Profesi.

Wisuda Periode III Tahap II bulan Maret berlangsung pukul 09.00 Wita di Baruga A.P Pettarani, Kampus Tamalanrea, Makassar dengan penerapan protokol Covid-19 dan terhubung secara virtual melalui aplikasi zoom meeting dan live streaming di kanal youtube Unhas, Selasa (16/03/2021).

Dalam pidatonya, Rektor Unhas Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA., menyampaikan ucapan selamat dan rasa bangga atas keberhasilan dan kesuksesan para wisudawan yang telah menempuh pendidikan di Unhas dengan persaingan yang sangat ketat.

Wisuda Periode Ketiga Tahun Akademik 2020/2021 dilakukan dalam dua tahap dengan jumlah wisudawan 2.022. Tahap pertama terlaksana pada bulan Februari lalu dengan total peserta wisuda 1.145, untuk penyelenggaraan tahap dua bulan Maret 2021 kali ini melibatkan 877 wisudawan.

Prof Dwia menuturkan kondisi pandemi Covid-19 membuat Unhas melakukan berbagai penyesuaian. Salah satunya perkuliahan yang berlangsung secara daring dimana Unhas senantiasa melakukan inovasi sebagai wujud proses adaptif.

Baca juga :  Mahasiswa UNS Gelar Aksi

Upaya untuk berperan dalam mengatasi berbagai permasalahan yang terjadi di masyarakat, seperti bencana pada beberapa daerah merupakan komitmen kuat dari Unhas. Kepedulian ini mendapatkan apresiasi oleh BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) bersama lima universitas lainnya.

“Saya sering sampaikan bahwa menjadi mahasiswa Unhas harus menghadapi persaingan ketat karena hanya sekitar 9% calon mahasiswa yang memilih Unhas dapat diterima. Kalian adalah pemenang karena merupakan bagian kecil yang terpilih dan mampu menyelesaikan studi dengan baik,” jelas Prof Dwia.

Dalam berbagai bidang, Prof Dwia mengatakan Unhas terus melakukan berbagai inovasi untuk mendukung proses kerja yang optimal. Misalnya saja pada bidang pendidikan, layanan pembelajaran terus berkembang dengan menggunakan sistem administrasi pendidikan berbasis digital. Program double degree dengan Universitas kelas dunia juga terus diupayakan seperti The Rhode Island University USA, Arizona State University USA, Griffith University.

Baca juga :  Menkop dan UKM: Mahasiswa Bisa Menjadi Ikon Re-Branding Koperasi

Peningkatan kualitas pendidikan melalui akreditasi prodi baik secara nasional maupun internasional menjadi program prioritas. Unhas berupaya untuk terus meningkatkan capaian akreditasi nasional dan akreditasi internasional. Unhas merupakan PTN peringkat 7 nasional dengan 108 prodi (68%) telah terakreditasi A dan khusus S1 telah mencapai 89% terakreditasi A.

“Harapan kami bahwa sebagai wisudawan dan alumni, tetaplah menjadi insan cendekia berkarakter dengan kemampuan berpikir kritis, kreatif serta berdaya inovatif tinggi dengan literasi 4.0,” ungkap Prof Dwia.

Wisuda periode III Tahap II tahun ajaran 2020/2021 menghasilkan 877 wisudawan yang berasal dari 16 fakultas dan Sekolah Pascasarjana dengan rincian 652 wisudawan program sarjana, 15 wisudawan program spesialis, 174 program magister dan 36 wisudawan program doktor.

Berdasarkan rata-rata IPK dan lama studi, untuk program sarjana dengan IPK 3.55 dengan masa studi 4 tahun 3 bulan. IPK lulusan terbaik program sarjana Eksakta mencapai 3.91 dengan masa studi 3 tahun 6 bulan. Sementara itu, untuk Non-Eksakta mencapai 3.89 dengan masa studi 3 tahun 5 bulan.

Baca juga :  Budayakan Gerakan Literasi, IMM Maros Gelar Bedah Buku

Rata-rata IPK Program Spesialis adalah 3.86 untuk masa studi 4 tahun 4 bulan. IPK lulusan terbaik program spesialis ilmu penyakit saraf mencapai 3.86 dengan masa studi 3 tahun 10 bulan.

Pada program magister, rata-rata IPK 3.86 untuk masa studi 2 tahun 4 bulan. IPK lulusan terbaik mencapai 3.91 dengan masa studi 1 tahun 5 bulan. Sementara itu, rata-rata IPK program Doktor adalah 3.94 dengan masa studi 3 tahun 10 bulan dengan IPK lulusan terbaik mencapai 4.00 untuk masa studi 2 tahun 3 bulan.

Proses wisuda periode III tahap II berlangsung lancar dan hikmat dengan dua sesi pelaksanaan yakni sesi pagi dan siang.(*/mir)

 

Edunews.

Kirim Berita via: [email protected]/[email protected]
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com