EDUNEWS

Kekurangan Guru, Mendikbud Harap Satu Guru Ajarkan Lebih dari Dua Mapel

 

JAKARTA, EDUNEWS.ID-Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengusulkan agar setiap guru bisa mengajar lebih dari dua mata pelajaran (mapel). Hal ini diharapkan agar kekurangan guru bisa diatasi.

“Jumlah kekurangan guru mencapai 707.324. Kalau tiap tahun 100 ribuan diangkat maka butuh tujuh tahun untuk menyelesaikannya. Ini cukup lama makanya salah satu solusi guru yang ada dikaryakan dengan memegang lebih dari dua mapel,” kata Muhadjir, Sabtu (15/12/2018).

Persoalan kualitas, lebih lanjut Muhadjir Effendy mengaku akan menyekolahkan kembali guru-guru, terutama di daerah-daerah yang sangat kekurangan guru.

Diketahui, total guru non-PNS di sekolah swasta dan negeri adalah 3.017.296. Jumlah guru non-PNS di sekolah swasta lebih banyak dari negeri.

Baca,   Kepsek minta Pemerintah Perbaiki Sekolah Rusak

“Kami sering menyebut guru tersebut sebagai guru pengganti, bukan guru honorer. Untuk memenuhi kebutuhan saat ini, kami membutuhkan sekitar 988.133 guru PNS. Namun, bisa diupayakan cukup dengan 707.324 jumlah guru PNS. Caranya dengan mewajibkan satu guru pegang lebih dua mapel,” bebernya.

Terkait guru honorer K2 sebanyak 157.210 orang, Muhadjir mengatakan, sementara berproses.

“Yang bisa ikut tes CPNS sedang menunggu proses tes selesai,” ungkapnya.

Selanjutnya sebanyak 6.541 honorer K2 yang lulus seleksi kompetensi dasar (SKD). Sisanya akan mengikuti proses penyelesaian lewat jalur pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja.

Facebook Comments

Edunews.

Kirim Berita via: redaksi@edunews.id/redaksiedunews@gmail.com
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2018 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!