EDUNEWS

KPAI: Stop Bullying di Masa Orientasi Sekolah

Komisioner KPAI Bidang Pendidikan Retno Listyarti

 

JAKARTA, EDUNEWS.ID– Hari ini, Senin (16/7/2018) para pelajar akan memasuki tahun ajaran baru setelah libur panjang berakhir. Hari pertama sekolah menjadi masa orientasi siswa baru di tahun ajaran baru ini.

Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menghimbau pihak sekolah untuk menjamin pelaksanaan masa orientasi peserta didik baru berlangsung dengan aman, ramah dan nyaman bagi siswa baru. KPAI meminta pihak sekolah memastikan tidak ada kegiatan perploncoan dan bullying di masa orientasi tersebut.

“Untuk itu, maka perploncoan dan bullying harus dicegah semaksimal mungkin. Suasana harus diciptakan penuh kekeluargaan, kondusif dan zero kekerasan,” ujar Komisioner KPAI Bidang Pendidikan Retno Listyarti, dikutip dari detiknews.

Retno juga mengimbau agar para orang tua mengantar anak-anaknya ke sekolah di hari pertama ini. Keterlibatan orang tua di hari pertama sekolah anak sangat penting sebagai wujud dukungan orang tua untuk menyemangati anak-anaknya.

Baca juga :  Menguatkan Pendidikan Agama Islam, SMAN 11 Takalar Bentuk Rohis
Advertisement

“KPAI juga mendorong sekolah menyiapkan diri menyambut para orangtua dan anaknya masuk sekolah kembali. Tidak sekedar menurunkan anaknya di sekolah dari kendaraan, tetapi juga mengantar masuk ke kelas sang anak,” papar Retno.

Mengantar anak hingga ke sekolah dapat dijadikan momentum perkenalan orang tua siswa dengan wali kelas. Dengan begitu, orang tua juga bisa mendapatkan informasi terkait program-program sekolah.

“Hal ini akan menjadi momentum yang menyenangkan bagi anak-anak. Ini juga akan membawa dampak positif ke depannya terhadap keharmonisan hubungan orangtua dan pihak sekolah, ” tutur Retno.

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com