EDUNEWS

Lestarikan Sejarah, Prodi Sejarah UNMUL Telusur Situs di Loa Kulu

 

SAMARINDA, EDUNEWS.ID-Sejumlah Dosen bersama dengan Mahasiswa pendidikan sejarah Universitas Mulawarman kunjungi beberapa situs bersejarah di Loak Ulu. Kunjungan itu sebagai bentuk pengabdian masyarakat.

Kegiatan berlangsung selama satu hari. Adapun tempat bersejarah yang dikunjungi meliputi berbagai peninggalan Belanda dan Peninggalan Jepang.

Situs pertama yang dikunjungi yaitu Magazine (Gudang) logistik peninggalan Belanda. Secara berurutan bekas gudang lampu peninggan Belanda, lubang sisa penambangan batu bara, rumah sakit peninggalan Belanda, Balai pertemuan Indonesia (BPI), tugu pembantaian Jepang, Pasar Belanda, dan situs lainnya.

Menurut salah seorang dosen yang turut serta dalam kegiatan itu, Norhidayat menyatakan kunjungan itu sebagai bentuk sumbangsih prodi sejarah dalam upaya melestarikan situs sejarah.

“kunjungan situs rutin kami laksanakan, supaya situs itu terawat dan tidak hilang jejak” kata Norhidayat, Sabtu (22/9/2018).

Selain itu, lanjut Norhidayat, kegiatan seperti ini harus terus dilaksanakan dan mesti ada hasil dari setiap kunjungan situs.

“Kunjungan situs harus terus dilakukan, dan mesti ada hasil, sehingga mahasiswa dan masyarakat tidak kehilangan jejak sejarah”, tambahnya.

Dosen lain yang turut hadir Ummi Hafilda,  menganggap bahwa laboratorium sesungguhnya bagi yang bergelut dibidang kesejarahan ialah dilapangan. Salah satunya kunjungan situs.

“Laboratorium sejarah itu dilapangan, maka kunjungan situs wajib hukumnya bagi yang bergelut dibidang kesejarahan” tutur Ummi.

Sementara itu, salah seorang pegiat sejarah yang turut mendampingi yakni Suprianto. Ia menyampaikan jika kegiatan seperti ini harus terus ditumbuhkembangkan.

“Loa kulu kaya akan sejarah, kalau bukan kita yang perhatikan siapa lagi”, harap Supriyanto.

Ia juga menambahkan, jika generasi muda lah yang seharusnya menjaga dan melestarikan situs sejarah yang ada.

“Kami harap generasi muda mampu melestarikan dan menjaga situs sejarah yang ada”, tutupnya.

RLS | EDUNEWS

Facebook Comments

Edunews.

Kirim Berita via: redaksi@edunews.id/redaksiedunews@gmail.com
Iklan Silahkan Hub 08114167811

Copyright © 2016-2018 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!