EDUNEWS

LP2KI FH-UH Jadikan Revisi UU ITE Tema Kajian Bulanan

Lembaga Penalaran dan Penulisan Karya Ilmiah Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin (FH-UH) menyelenggarakan kajian bulanan dengan mengangkat tema Polemik Wacana Revisi UU ITE : Membebaskan atau membungkam masyarakat? secara daring, Sabtu. (27/02/2021).

MAKASSAR, EDUNEWS.IDLembaga Penalaran dan Penulisan Karya Ilmiah Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin (FH-UH) menyelenggarakan kajian bulanan dengan mengangkat tema Polemik Wacana Revisi UU ITE : Membebaskan atau membungkam masyarakat? secara daring, Sabtu, (27/02/2021).

Kajian bulanan ini menghadirkan Ketua Departemen Humas dan Jaringan Pimpinan Pusat Lingkar Dakwah Mahasiswa Indonesia (LIDMI) Asrullah S.H.

Asrullah menjelaskan konsep negara demokrasi yang berbasis konstitusi, yang dalam pemaparannya menekankan bahwa pemerintahan bukanlah unsur tunggal dalam negara tetapi justru negara dan pemerintah harus menjadi stakeholder yang mampu melindungi hak-hak warga masyarakat.

“Konsekuensi dari negara demokrasi adalah negara penuh kebisingan, pemerintah harus tangguh dalam mendengarkan suara dan narasi warganya,” jelas Asrullah.

Baca juga :  Kajian Rutin, DPP IPPMIMM Majene Bahas Perkembangan Agama dan Politik Kekinian

Dirinya menungkapkan, pasal dalam UU ITE yang masih banyak pasal yang berpotensi menimbulkan multitafsir. Pasal yang menjadi fokus pembahasan yakni pasal 27 dan 28 yang paling banyak digunakan sebagai dasar pelaporan untuk mengkriminalisasi seseorang.

“Harus ada pengertian dan penjelasan yang jelas terhadap pasal-pasal dalam UU ITE khususnya pasal 27 dan 28,” ungkapnya.

Ia menuturkan, Indonesia perlu menerapkan konsep penegakan hukum yang lebih menitik beratkan pada kondisi terciptanya keadilan dan keseimbangan bagi pelaku tindak pidana serta korbannya sendiri

“Penegakan hukum di Indonesia perlu mengedepankan paradigma restorative justice,” tutupnya.

LP2KI FH-UH sebagai penyelenggara kajian berharap, kegiatan ini bisa menjadi wadah dalam membentuk kader yang kritis dan menanggapi polemik aktual dengan diskusi dan kajian yang argumentatif.

Baca juga :  Kemendikbud Gelar Kemah Budaya Nasional 2016 Di Belitung

Kajian itu diselenggarakan sekali dalam satu bulan oleh LP2KI FH-UH. Dengan menyajikan isu-isu yang aktual saat ini.

Kajian Bulanan ini dipandu oleh anggota LP2KI FH-UH tepatnya di Divisi Infokom, Annur Amin.

To Top
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com