EDUNEWS

Menyedihkan, Gaji Guru Honorer di Sultra Rp 220 Ribu Per-bulan

KENDARI, EDUNEWS.ID –  Gaji guru honorer di Sulawesi Tenggara bisa dikatakan sangat menyedihkan. Setiap bulan mereka hanya mendapatkan sekitar Rp 220 ribu. Bila dibandingkan dengan biaya hidup zaman sekarang, gaji mereka hanya bisa membeli beras 25 kilogram.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi Sultra Damsid mengaku, gaji guru honorer setiap bulannya di luar batas manusiawi. Namun, pemerintah tidak bisa berbuat banyak di tengah minimnya dana.

“Ini miris sekali dan problem kita memang kekurangan dana untuk membayar gaji guru honorer,” ungkap Damsid, beberapa waktu yang lalu.

Damsid mengaku, jumlah guru honorer di Sultra untuk tingkat sekolah menengah atas sekitar 3 ribu orang. Selama ini, gaji mereka ditanggung melalui uang komite sekolah.

“Sebelumnya gaji mereka dibayar pakai komite karena tidak bisa menggunakan dana bantuan operasional sekolah atau BOS,” katanya.

Dalam setahun, papar dia, Pemprov Sultra mengalokasikan Rp 11 miliar untuk membiayai gaji honorer guru tingkat SMA. Itu pun, kata dia, hitungan honor guru hanya Rp 220 ribu. Lantas bagaimana honorer tingkat SMP dan SD?

“Mereka ditanggung oleh kabupaten atau kota masing-masing,” jelasnya.

Menurut Damsid, guru honorer tidak bisa dihapus. Sebab, tenaga pendidik dari pegawai negeri sipil masih sedikit. Ada beberapa sekolah yang hanya memiliki satu sampai dua guru untuk menangani beberapa kelas dan ratusan siswa.

“Kalau tidak ada honorer, maka tidak akan bisa jalan pendidikan,” ungkapnya.

Ke depan, untuk menanggulangi keluhan guru honorer, Diknas berencana mentaktisi bantuan operasional pendidikan atau BOP.

“Kita juga akan bicarakan kembali bantuan operasional sekolah untuk bisa dialokasikan untuk gaji guru honorer. Macam-macam cara sekolah menyelesaikan masalah ini. Memang, menyedihkan, antara ditinggalkan atau mau dibayar honor mereka,” tuturnya.

 

[ Sumber : KabarKendari ]

Edunews.

Kirim Berita

Kirim berita ke email : [email protected][email protected]

ALAMAT

  • Jl. TB Simatupang, RT.6/RW.4, Jati Padang, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540 Telepon : 021-740740  – 0817 40 4740

__________________________________

  • Graha Pena Lt 5 – Regus Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Makassar Sulawesi Selatan 90234 Telepon : 0411 366 2154 –  0811 416 7811

Copyright © 2016-2022 Edunews.ID

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com