EDUNEWS

Optimalkan Profesi Ahli dan Dosen, ADRI Giatkan Webinar di Era New Normal

JAKARTA, EDUNEWS.ID-Adalah komitmen Perkumpulan ADRI (Ahli dan Dosen Republik Indonesia) untuk optimalkan profesi ahli dan dosen di Indonesia. Karena itu, ADRI slealu menggiatkan seminar daring di masa kenormalan baru akibat wabah Covdi-19. Salah satunya, ADRI akan menggelar seminar daring bertajuk “SDM dan Kampus Unggul di Era New Normal” pada Ahad 26 Juli 2020 pukul 09.00 WIB melalui zoom meeting.

Bertindak sebagai keynote speaker Dr. Achmad Fathoni Rodli., M.Pd selaku Presiden ADRI/Rektor UMAHA. Tampil sebagai pembicara antara lain: 1) Dr. M Sofwan Effendi, M.Ed. (Direktur Sumber Daya Ditjen Dikti Kemendikbud RI0, 2) Prof. Dr. Ir. Ahmad Susilo, M.S, (Univ. Wijaya Kusuma Surabaya), 3) Prof. Dr. Suliyanto M.M. (Dekan FEB Unsoed Purwokerto), 4) Prof. Dr. Rusjono, M.Pd. (Guru Besar UNESA) dan sebagai moderator Dr. Nuning Nurmadewi, S.E, M.M. (Warek IV UMAHA).

“Webinar atau seminar daring bisa menjadi wadah pembelajaran dan peningkatan profesi. Untuk itu, ADRI proaktif menggiatkan seminar daring sebagai konsolidasi dan menambah wawasan terkait dunia pendidikan dan profesi ahli dan dosen di Indonsia. Apalagi di era new normal, tradisi ilmiah harus tetap bisa ditegakkan” ujarDr. Achmad Fathoni Rodli., M.Pd (Presiden ADRI/Rektor UMAHA) didampingi Prof. Dt. Eri Sarimanah, M.Pd. (Sekjen ADRI/Guru Besar Unpak), dalam keterangannya ke edunews.id, Jumat (24/7/2020).

ADRI menyadari pentingnya webinar, karena di masa pandemi Covid 19, webinar dapat menyatukan para peserta yang tersebar dari berbagai daerah di Indonesia. Saling berdiskusi tanpa berinteraksi dan bertatap muka untuk mencermati dinamika dunia pendidikan dan kampus di era kenormalan baru. Selain dapat mengurangi kemungkinan penyebaran Covid-19, webinar juga praktis dan mudah diakses dari berbagai lokasi, tanpa harus pergi ke tempat seminar.

Beragam seminar daring telah digelar ADRI, seperti: 1) Peluang dan Tantangan Pendidikan Vokasi di Era Industri 4.0 pada Jumat 24 Juli 2020, 2) Indonesia Democratization Watch on Election in New Normal, 18 Juli 2020 yang mengahdirkan pembicara Prof Dr. Mahfud M.D. (Menko Polhukam) dan Prof. Dr. Satya Arinanto (Staf Khusus Wapres RI), dan 3) A New World for Online Learning and Community Service pada 11 Juli 2020 lalu.

Giatnya ADRI menggelar seminar daring bukan tanpa alasan. Tujuannya dapat memperkuat tradisi akademik para ahli dan dosen sebagai kultur akademik. Sehingga ADRI dapat meningkatkan perannya sebagai wadah dalam menghimpun atau melahirkan berbagai pemikiran dan masukan yang terkait kebijakan dan strategi pengembangan pendidikan tinggi di Indonesia. Karena itu, ADRI berkomitmen untuk tersu menjalin kemitraan dan sinergi dengan para ahli/guru besar, kampus, dan Dikti Kemendikbud RI.

Sebagai perkumpulan ahli dan dosen, ADRI menyadari upaya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang unggul dan kompetetif, tentu harus dimulai dari peningkatkan kualitas dan kinerja dosen. Agar nantinya, upaya menciptakan generasi penerus bangsa yang andal pun bisa terwujud.  ADRI sebagai organisasi profesi yang menjadi wadah para ahli dan dosen di Indonesia terus bertekad dan berkontribusi dalam menyambut kebijakan “Kampus Merdeka”, di samping memperkuat tridarma perguruan tinggi bagi para anggotanya. Untuk itu, ADRI memandang perlunya kolaborasi dan sinergi dengan berbagai pihak, di samping memperkuat kesatuan di kalangan ahli dan dosen.

Untuk diketahui, ADRI pun menggagas beberapa inisiatif pada tahun 2020 ini, antara lain: 1) menyiapkan Kampus Maya ADRI yang melibatkan konsorsium dari berbagai PT di dalam dan di luar negeri, 2) peringatan Harlah ADRI ke-5 di DPI ADRI USA yang diisi dengan Konferensi Terbuka ADRI, dan 3) Kuliah International ADRI yang melibatkan para dosen di seluruh Indonesia untuk menyiapkan materi dan menggunakan 5 studio maya/televisi maya ADRI/Umaha.

Selain itu, ADRI pun akan memfasilitasi para dosen untuk sharing hasil riset, PKM, kuliah online, dan sebagainya.

Di era new normal, ADRI pun mengimbau para dosen untuk terus-menerus melakukan pengembangan karier dan melakukan aktivitas pengajaran dengan penuh dedikasi, termasuk aktif melakukan perkuliahan jarak jauh. (rls/sy/adri)

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Edunews.

Kirim Berita

Kirim berita ke email : [email protected][email protected]

ALAMAT

  • Jl. TB Simatupang, RT.6/RW.4, Jati Padang, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540 Telepon : 021-740740  – 0817 40 4740

__________________________________

  • Graha Pena Lt 5 – Regus Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Makassar Sulawesi Selatan 90234 Telepon : 0411 366 2154 –  0811 416 7811

Copyright © 2016-2022 Edunews.ID

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com