DAERAH

1.629 Kursi SMP Negeri di Jember Masih Kosong

 

 

JEMBER, EDUNEWS.ID – Sistem zonasi penerimaan peserta didik baru (PPDB) SMP negeri tidak seperti yang dikhawatirkan sekolah swasta. Buktinya, masih banyak kursi kosong di 53 SMP negeri se-Kabupaten Jember.

Plt Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Jember M Ghozali mengatakan, jumlah kursi kosong mencapai 1.629. “Menyebar, mulai SMP Negeri 1 Jember hingga sekolah pinggiran,” ungkapnya kemarin (10/7/2018).

Kondisi di kota, menurut Ghozali, tidak di semua sekolah ada kursi kosong. Hanya SMPN 1 Jember, SMPN 13 Jember, SMPN 14 Jember, dan SMPN 15 Jember yang memiliki kursi kosong. Saat dihitung, jumlah kursi kosong 89.

Namun, yang memprihatinkan, pagu hampir semua SMP negeri di pinggiran tidak terpenuhi. Bahkan, SMPN yang dekat dengan kota seperti SMPN 1, 2, dan 3 Arjasa juga masih kekurangan calon murid.

“Solusinya, membuka pendaftaran gelombang II hari ini (kemarin) dan besok (hari ini),” katanya. Sistem penerimaannya pun hanya sesuai sisa pagu. Misalnya, di SMPN 1 Jember tersisa 8 kursi.

Jika yang mendaftar 10 siswa, akan ada 2 anak yang tereliminasi. Menentukan yang harus diterima di sekolah tersebut tidak lagi pakai rumus penghitungan radius. “Tinggal diadu besar-besaran NEM-nya,” jelasnya.

Facebook Comments

Most Popular

Edunews.

Kirim Berita via: redaksi@edunews.id/redaksiedunews@gmail.com
Iklan Silahkan Hub 08114167811

Copyright © 2016-2018 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!