Pendidikan

20 persen APBN belum dialokasikan untuk Dana Pendidikan

Ilustrasi

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Anggaran pendidikan saat ini masih terbuang sia-sia. Walaupun alokasi anggaran pendidikan sudah mencapai 20% dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), sampai saat ini anggaran tersebut belum berdampak besar pada sektor pendidikan. Dampak tersebut salah satunya bisa dilihat dari sisi fisik bangunan sekolah. Walaupun anggaran APBN yang digelontorkan untuk sektor pendidikan pada tahun 2016 ini sudah mencapai Rp 400 triliun lebih, tapi masih banyak sekolah rusak.

Berdasar data dari Presiden Joko Widodo, saat ini jumlah ruang kelas yang berada dalam kondisi baik mencapai 466.000. Padahal, jumah ruang kelas yang ada mencapai 1,8 juta. Keadaan yang sama juga terjadi pada kelengkapan sarana pendidikan. Dari 212.000 sekolah yang ada, sampai saat ini masih ada 100.000 unit yang belum punya sarana pendidikan.

Baca juga :  Komisi X Minta Kebijakan Gaji Honorer dari Dana BOS Dikaji Ulang

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhajir Effendi mengatakan, 65% dari 20% anggaran pendidikan di APBN diserahkan kepada daerah.

“Daerah ternyata belum mematuhi kewajiban 20% pendidikan ternyata,” Muhajir.

baca juga : Anggaran Pendidikan dinilai Belum Mampu Tingkatkan Kualitas Pendidikan

Namun, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional, Bambang Sumantri Brodjonegoro mengatakan, alokasi dana tersebut belum dialokasikan untuk sektor pendidikan. Masalah tersebut terjadi karena kenaikan anggaran pendidikan banyak tersedot untuk guru.

“Biaya guru naik luar biasa, salah satunya untuk tunjangan profesi, padahal outputnya belum tercermin,” katanya akhir pekan kemarin.

Atas masalah itu Bambang mengatakan, pemerintah akan memperbaiki kualitas belanja pendidikan di pusat dan daerah.

“Untuk guru, administrasi akan diperbaiki, apakah guru yang masuk ke dalam daftar gaji pengajarannya efektif atau tidak, manajemennya bagaimana, ini akan diperbaiki,” kata Bambang.

Edunews.

Kirim Berita via: redaksi@edunews.id/redaksiedunews@gmail.com
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!