Pendidikan

36 Siswa di Perbatasan akan Kuliah di Tiongkok

NUNUKAN, EDUNEWS.ID – Sebanyak 25 pelajar Kecamatan Krayan, Nunukan, berniat melanjutkan pendidikan melalui program Indonesia Tionghoa Culture Center (ITCC). Kini jumlahnya sudah bertambah menjadi 36 pelajar.

Mereka yang saat ini kelas XII, dipastikan sudah akan menjalani perkuliahan di negeri tirai bambu tersebut. Itu diungkapkan Koordinator ITCC, Andre ketika merilis data pelajar yang mendaftarkan dirinya dari wilayah Krayan.

“Cuma satu kecamatan di pedalaman, yakni Kecamatan Krayan di mana niat belajar untuk kuliah di luar negeri sangat luar biasa,” kata Andre, Kamis (30/3/2017).

Andre mengatakan, seluruhnya dipastikan sudah akan menjalani tahap awal yakni bimbingan hingga menjalani jenjang perkuliahan di Tiongkok. Selain mereka harus memilki paspor terlebih dahulu, para pelajar ini juga harus menjalani pelatihan untuk bahasa mandarin di Banjarmasin dan Surabaya.

Baca juga :  Tahun Ajaran Baru, Muhadjir Minta Kepsek Lakukan Pengawasan Terhadap Siswa
Advertisement

“Setelah mereka selesai ujian April mendatang, Mei sudah harus mengikuti pelatihan bahasa mandarin selama tiga bulan,” ungkap Andre.

Tidak hanya pelajar Krayan, di Kecamatan Sebatik dan di Nunukan pihaknya juga sudah menerima pelajar yang mendaftarkan dirinya untuk kuliah melalui program ITCC. Dari keseluruhan di Kecamaan Sebatik dan Nunukan setidaknya sudah ada 50 pelajar yang telah mendaftar.

Namun, Andre belum dapat memastikan karena belum mendapatkan data rilis dari dua kecamatan Sebatik dan Nunukan.

“Kalau untuk di Nunukan kemarin yang sudah pasti ada dua anak. Tapi, kami pastikan ada tambahan, kan sudah ada 60 yang mendaftar. Segera kita rilis lagi kepastiannya,” tutur Andre.

EDUNEWS.ID

Edunews.

Kirim Berita via: [email protected]/[email protected]
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com