Pendidikan

Anggota Pramuka Makan Beralas Tanah, Dadang : Itu Kelakukan Menyimpang yang harus Diluruskan

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Foto viral kegiatan anggota pramuka yang makan beralaskan tanah menuai kecaman. Hal itu terjadi di Kwartir Ranting Kronjo Kwartir Cabang Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten.

Anggota Komisi X DPR, Dadang Rusdiana menilai kelakuan yang menyimpang dari koridor itu harus diluruskan. Menurutnya, kejadian ini seperti warisan perpeloncoan yang masih melekat pada pola pembinaan remaja dan kegiatan ekstrakurikuler. Pembinaan Pramuka dengan makan di tanah merupakan sesuatu yang sangat keliru.

“Apalagi yang namanya Pramuka sesuai dengan kesejarahannya adalah pola pembinaan yang menekankan pada ‘learning by playing’, anak-anak didorong untuk bersukacita, mencintai alam dan hidup tertib serta bersih,” kata Dadang.

Menurut Dadang, ada hal-hal lain yang menurutnya perlu dikoreksi, termasuk soal pembebanan fisik yang berlebihan pada peserta. Output pendidikan berupa siswa yang kuat fisik dan mental memang diperlukan, namun harus diperoleh dengan cara yang kreatif.

Baca juga :  Tingkatkan Kompetensi, Disdik Sulsel akan Adakan Diklat Guru Selama Dua Bulan

“Pramuka harus mengembangkan pendidikan budi pekerti yang baik dengan menggunakan pendidikan bermain, cinta alam, dan cara lain yang mendidik. Metode yang dijalankan juga harus menyenangkan. Jadi diperlukan reorientasi kepelatihan dalam Pramuka agar sejalan dengan tuntutan zaman,” pesannya.

EDUNEWS.ID

Edunews.

Kirim Berita via: [email protected]/[email protected]
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com