Pendidikan

Beasiswa Mahasiswa dan SMA di Kaltara Sepi Peminat

TANJUNG SELOR, EDUNEWS.ID – Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara kembali menggulirkan program Beasiswa Kaltara Cerdas.

Tahun ini beasiswa tidak hanya untuk mahasiswa, tapi juga pelajar SMA sederajat yang berprestasi, baik di bidang akademik maupun nonakademik. Pengajuan beasiswa bagi pelajar berprestasi ini pun sudah dibuka sejak 10 Agustus lalu.

Ketua Dewan Pendidikan Kaltara Herwansyah mengatakan, Pemprov Kaltara memberikan beasiswa kepada pelajar kelas X dan XI yang mempunyai prestasi akademik dengan nilai tertinggi berdasarkan surat keputusan sekolah.

Begitu juga dengan pelajar berprestasi nonakademik baik di tingkat provinsi, nasional maupun internasiaonl juga akan diberikan beasiswa.

Selain itu, pelajar yang memperoleh nilai Ujian Nasional (UN) tertinggi dari peringkat 1 sampai 5 yang ada di kabupaten/kota juga akan diberikan beasiswa.

Baca juga :  Banyak Potensi di Kaltara yang bisa Dijadikan Usaha Mandiri

Tetapi, harus dibuktikan dengan surat keputusan kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kaltara.

Dikatakannya, ada beberapa persyaratan pengajuan beasiswa berprestasi ini. Salah satunya, pelajar SLTA berdomisili di Kaltara yang dibuktikan dengan kartu keluarga (KK).

“Lebih jelasnya persyaratan mendapatkan beasiswa bagi pelajar SMA sederajat, bisa dilihat di website Pemprov Kaltara. Sebelumnya kami juga sudah memberikan selebaran ke Dinas Pendidikan kabupaten/kota maupun sekolah-sekolah,” jelas Herwansyah, seperti diberitakan Berau Post

Advertisement
.

Dia mengaku sejauh ini sudah ada beberapa pengajuan dari sekolah yang masuk ke Dewan Pendidikan. Namun, kata dia, jumlah itu masih minim dari kuota yang disediakan.

Karena itu, Herwansyah meminta kepada seluruh kepala sekolah di kabupaten/kota segera mengajukan usulan bagi masing-masing siswa yang memiliki prestasi di sekolahnya.

Begitu juga bagi pelajar penerima nilai tertinggi UN tahun ini, dia berharap Dinas PendidikanKaltara segera mengajukan usulan beasiswa bagi mereka.

“Dinas Pendidikan pasti memiliki datanya. Pengajuan kami tunggu secepatnya. Karena rencananya pertengah September ini akan di-launching oleh Pak Gubernur. Nanti diserahkan langsung oleh Gubernur,” katanya.

Menurut dia, beasiswa ini penting untuk memacu dan memberikan motivasi kepada pelajar untuk terus menunjukkan prestasinya. Selain itu, juga bisa membantu memenuhi kebutuhan sekolah mereka.

Untuk diketahui, kuota penerima beasiswaKaltara Cerdas tahun ini sebanyak 1.935 mahasiswa dan 588 siswa.

Dengan rincian, untuk siswa terdiri dari 45 peraih juara pada UN 2017, 516 siswa peraih ranking di sekolah dan 27 siswa peraih prestasi nonakademik, baik nasional maupun internasional.

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com