Pendidikan

Belajar 40 Jam tak Sesuai UU Guru

Ketua Umum Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Unifah Rosyidi

 

 

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Jumlah guru di Indonesia tidak ideal, tak seimbang dengan jumlah siswanya. Kondisi ini akan membuat kebijakan sekolah lima hari 40 jam dalam seminggu sulit diterapkan di daerah.

Kendala menjadi semakin besar karena pada akhir tahun ini. Akan ada 1,4 juta guru PNS yang akan pensiun. Sementara pemerintah tak kunjung melakukan perekrutan pengajar PNS.

Ketua Umum Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Unifah Rosyidi mengatakan, pengajar honorer dan swasta juga akan terkena dampak dari kebijakan yang akan diterapkan pada tahun ajaran 2017-2018.

Menurut dia, kebijakan itu juga akan melabrak UU Guru dan Dosen yang mengamanatkan beban kerja guru tak boleh lebih dari 24 jam seminggu.

Baca juga :  Bertindak Kasar dan Berpakaian Tidak Sopan, Kepsek MAN di Jambi ini Didemo Siswanya

“Kalau beban kerja guru PNS menjadi 40 jam, lalu beban kerja guru swasta dan honorer mau dihitung dengan cara apa? Kebijakan 40 jam seminggu ini menandakan Kemendikbud tak memiliki grand design pendidikan. Makanya selalu terjadi tambal sulam aturan,” ujar Unifah di Jakarta, Minggu (2/7/2017).

Advertisement

Ia menyatakan, Kemendikbud kurang tepat dalam mengimplementasikan perintah dari Presiden Joko Widodo yang ingin membangun Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Menurut dia, siswa dan tenaga kependidikan serta pemerintah daerah akan keberatan jika beban kerja 40 jam bagi pengajar tetap dilaksanakan.

“Guru dan murid ini kan milik pemerintah daerah sesuai dengan UU Otonomi Daerah,” katanya.

Ia berharap, jika Kemendikbud berkukuh akan melaksanakan kebijakan tersebut, pembangunan sarana dan prasarana sekolah harus ditingkatkan. Koordinasi dan sosialisasi dengan pemerintah daerah juga harus efektif agar tak menimbulkan pertentangan.

“Terutama koordinasi dengan daerah yang masih kekurangan pengajar,” ucapnya.

Edunews.

Kirim Berita via: [email protected]/[email protected]
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com