Pendidikan

Disdik Janji akan Tindak Pelaku Pungli PPDB

KOTIM, EDUNEWS.ID – Jelang penerimaan peserta didik baru (PPDB) dan penyerahan ijazah di semua jenjang pendidikan di Kotawaringin Timur (Kotim) Kalimantan Tengah, diharapkan tidak ada lagi pungutan liar (pungli) yang memberatkan orang tua atau wali murid.

Apalagi jika pungli tersebut sifatnya mengada-ada dan tidak berdasar hukum. Maka diharapkan kepada korban untuk bisa aktif melaporkannya.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kotawaringin Timur, Suparmadi meminta masyarakat melaporkan jika ada sekolah yang diduga melakukan pungli sehingga bisa diproses sesuai aturan.

“Kalau ada pungli maka akan kami tindak, akan dilihat seperti apa kesalahannya. Untuk tingkat SMA, kami tetap bisa menegur dan melaporkannya ke Dinas Pendidikan Provinsi untuk disikapi. Kecuali sekolah swasta, mereka memang biaya operasional dari iuran siswanya,” kata Suparmadi, Rabu (10/5/2017).

Baca juga :  Pemprov Jatim Klaim Kemendikbud Adopsi Sistem Zonasi PPDB
Advertisement

Suparmadi menegaskan tidak boleh ada pungutan dalam penerimaan peserta didik baru. Semua pembiayaan ditanggung pemerintah melalui Bantuan Operasional Sekolah (BOS), sehingga tidak ada alasan bagi sekolah atau komite sekolah memberlakukan pungutan kepada siswa.

EDUNEWS.ID

Edunews.

Kirim Berita via: [email protected]/[email protected]
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com