Pendidikan

Dorong Pembangunan Infrastruktur, Pemerintahan Jokowi Lupa Bangun Bangun Dunia Pendidikan

Wakil Ketua Komisi X DPR dari Fraksi Partai Gerindra Sutan Adil Hendra (SAH) menilai bahwa pemerintah dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Prof Muhadjir Effendy tidak berpihak pada dunia pendidikan di Indonesia.

Padahal, menurutnya Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional mengamatkan bahwa anggaran pendidikan sekurang-kurangnya sebesar 20 persen dari APBN.

Namun, pemerintah tidak menjalankan amanah tersebut. Bahkan anggaran dari tahun ke tahun makin berkurang untuk dunia pendidikan.

Sutan Adil menyebut, pemerintah Joko Widodo-Jusuf Kalla lebih mengutamakan pembangunan nfrastruktur di seluruh Indonesia. Namun, lupa membangun dunia pendidikan merupakan sektor yang tidak bisa dilupakan untuk ditata agar kemajuan dan kesejahteraan masyarakat segera terwujud.

Baca juga :  Hanya 7 Pemda Taati Aturan Pengalokasian Anggaran Khusus Pendidikan 20 Persen

“Ini menjadi keheranan kami, kalau infrastruktur itu ada beberapa yang bisa kita tunda dulu. Tapi kalau menata dunia pendidikan, harus segera kita perbaiki. Artinya, kita harusnya disesuaikan saja (anggarannya).

Karena jika anak bangsa sudah cerdas, tentu bisa menyelesaikan persoalan hidupnya sendiri. Dan kita makin terbelakang karena kurangnya kualitas SDM (sumber daya manusia) kita.

Di mana kita tak mampu bersaing secara ekonomi dan politik dari negara lain karena kurangnya kualitas SDM kita,” jelasnya.

Publik menunggu kinerja Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Prof Muhadjir Effendy. Apalagi Menteri Muhadjir berhasil menggantikan Anies Baswedan yang memiliki kinerja yang cukup baik.

Sebagai mantan Rektor kelima Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Prof Muhadjir Diharapkan lebih bisa berkiprah di bidang pendidikan. Ditunggu gebrakannya di dunia pendidikan di Indonesia

Edunews.

Kirim Berita via: [email protected]/[email protected]
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com