Pendidikan

Hari Pertama UNBK SMA, Server Diserang Virus

BATAM, EDUNEWS.ID – Proses pelaksanaan Ujian Nasional Bebasis Komputer (UNBK) di Sekolah Menengah Atas (SMA) Kartini Batam, Kepri, Senin (10/4/2017) molor hingga 90 menit dari jadwal. Penyebabnya, server komputer rusak atau mengalami gangguan.

“Kalau jaringan internetnya oke, kemungkinan besar karena virus,” ujar Kepala SMA Kartini Batam, Hani Muslimah seperti yang diberitakan Batam Pos, Selasa (11/4/2017).

Dijelaksan Hani, kerusakan server itu diluar dugaan pihak sekolah. Pasalnya, pihak sekolah telah melakukan persiapan sejak Jumat hingga Sabtu lalu. Dari persiapan yang dilakukan itu, diakui Hani tidak ada kendala apapun.

“Pagi tadi (kemarin) saat kita mulai prepare (mempersiapkan), disitu sudah tidak mau dibuka lagi,” jelasnya.

Baca juga :  Disdik Kediri Coret 43 Siswa dari UNBK karena ini

Akibat gangguan tersebut, pihak sekolah langsung melakukan koordinasi dengan pihak Yayasan, Dinas Pendidikan Kota Batam, Dinas Pendidikan Provinsi hingga Dinas Pendidikan Pusat untuk dilakukan perbaikan.

Perbaikan itu baru selesai sekitar pukul 08.30 WIB. Itupun, tidak semua komputer bisa diakses. Hanya lima puluh persen atau sebanyak 20 unit komputer yang baru bisa diakses. Sementara, sisanya baru bisa diakses beberapa menit kemudian.

“Komputer sisanya itu ada trouble sedikit di kabel LAN-nya. Setelah itu beberapa menit kemudian baru bisa diakses semua,” ujarnya.

Advertisement

Hani menuturkan, pelaksanaan ujian di hari pertama dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia ini, baru bisa dilakukan pada pukul 09.00 WIB. Mundur satu setengah jam dari jadwal sebelumnya, yakni pukul 07.30 WIB.

“Akibat terlambat ini, semua siswa tidak ada yang tampak tegang. Sebelum ujian kemarin kita sudah sampaikan untuk tetap tenang dan santai,” kataya.

Ditambahkan Hani, pelaksanaan UNBK di SMA Kartini diikuti sebanyak 110 siswa/siswi. Mereka dibagi menjadi tiga sesi. Sesi pertama dimulai pukul 07.30 WIB sampai 09.30 WIB diundur menjadi pukul 09.00 WIB sampai pukul 11.00 WIB.

Kemudian sesi kedua yang semula dijadwalkan pukul 10.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB diundur menjadi pukul 11.30 WIB hingga pukul 13.30 WIB. Sedangkan sesi ketiga, jadwal awal dimulai pukul 13.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB, baru dilakukan pukul 14.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB.

“Kita juga sudah sampaikan kepada seluruh siswa jika keterlambatan akibat gangguan ini, tidak akan membuat waktu berkurang. Negara tidak akan merugikan kalian,” imbuhnya.

EDUNEWS.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com