Pendidikan

Ini Penjelasan Pemda Gowa Soal Tidak Siap Laksanakan UNBK

GOWA, EDUNEWS.ID – Pemerintah Kabupaten Gowa mengakui hingga kini belum siap dengan diberlakukannya ujian nasional berbasis komputer (UNBK) oleh Pemerintah Pusat.

Alasannya yakni selain karena jaringan, juga disebabkan masih banyak pelajar di Gowa yang belum menguasai atau familiar dengan komputer.

Kadis Pendidikan Gowa, Salam menjelaskan di Gowa terkhusus pelajar di dataran tinggi masih sangat awam tentang penggunaan komputer berbasis IT.

“Belum familiar. Saya malah khawatir anak-anak tidak siap mental. Takutnya salah. Selain karena kondisi daerah terutama di dataran tinggi kita, baru 36 persen siswa yang familiar dengan IT. Di kota besar saja seperti Jakarta Bandung dan Makassar baru 90 persen semua melek IT,” katanya Minggu (26/3/2017).

Baca juga :  Kadisdik Jabar akui Banyak Oknum Pejabat Lakukan Praktik 'Titip Menitip'

Olehnya lanjut Salam berpendapat jika itu butuh proses.

“Saya termasuk orang yang menolak dengan sistem ujian ini. Sebab butuh proses untuk membuat anak-anak kita familiar. Jangan sampai nanti malah shock teknologi yang terjadi. Dan malah terlihat memaksakan kepada orangtua. Karena pasti anak-anak minta dibelikan laptop,” ujarnya.

Di sisi lain, Salam menilai ada modus bisnis. Dimana perusahaan IT ramai ke sekolah-sekolah. Belum lagi anggaran yang dikeluarkan untuk pengadaannya yang mencapai puluhan juta.

“Makanya saya katakan belum siap lah. Kalau untuk piloting boleh satu dua sekolah. Apalagi ujian nasional juga menurut saya tidak representatif. Sebab dari sekian mata pelajaran yang dipelajari siswa hanya empat yang di ujiankan. Dan keberhasilan mereka hanya tergantung empat mata pelajaran itu. Sama sekali tidak mewakili kompetensi anak,” katanya.

Baca juga :  Kemendikbud Tidak Paksakan Sekolah Gelar UNBK

Namun dari informasi jika SMA yang siap yakni SMAN 1 Bajeng, dan SMKN 1 Somba Opu dan SMA Al Fityan Gowa yang tahun lalu juga menggunakan UNBK. Sementara tingkat SMP ada tiga yakni SMPN 1 SungguminasMts Balang-balang Bontomarannu dan SMP Al Fityan Gowa. Sedangkan tikar SD ada dua.

EDUNEWS.ID

Edunews.

Kirim Berita via: [email protected]/[email protected]
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com