Pendidikan

Jelang UNBK, Guru Didorong Persiapkan Mental Siswa

DEPOK, EDUNEWS.ID – Sejumlah Sekolah Menengah Pertama (SMP) sederajat sudah mempersiapkan perangkat pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang akan digelar pada Mei 2017. Tahun ini UNBK kali pertama mulai digelar di tingkat SMP. Pihak sekolah juga mempersiapkan mental siswa untuk mengikuti ujian.

Dulu, siswa harus membawa pensil 2B dan penghapus sebelum ujian. Mereka juga biasanya membawa papan alas tulis untuk melingkari Lembar Jawaban Komputer (LJK). Namun tahun ini mereka hanya tinggal datang duduk manis di depan layar komputer.

Sebetulnya jika pihak sekolah siap dan server dari pusat tak mengalami gangguan teknis, UNBK sangat efisien menghemat waktu dan biaya. Namun, pengalaman tahun sebelumnya pelaksanaan UNBK di tingkat SMA sederajat menemui sejumlah kendala seperti server bermasalah dan mati lampu.

Baca juga :  Pilkada, Puti Janjikan Pendidikan Gratis di Jatim

“Kendala paling utama itu mental dan psikis anak, saat paper test mereka harus siap ready dari pagi. Tapi saat UNBK mereka harus siap dengan waktu yang mundur,” kata Kepala Sekolah SMP Islam Fitrah Al Fikri Jalan Raden Saleh, Depok, Nur Alam Astuti, Minggu (26/3).

Alam, begitu dia akrab disapa, mencontohkan misalnya koneksi dari pusat baru terhubung 15 menit kemudian. Hal ini yang dapat mengganggu mental anak yang sudah mempersiapkan diri semangat belajar sejak lama.

“UNBK kan servernya dari pusat. Misalnya anak harus nunggu 1 jam, kan resah. Kami mau enggak mau harus kondisikan. Misalnya ajak ngobrol, siapkan permen, atau sarapan,” jelasnya.

Baca juga :  Jelang UNBK, Disdik DKI Surati PLN dan Provider

Siswa juga harus menunggu waktu pergantian sesi atau gelombang ujian sebelumnya. Sehingga, kata Alam, guru perlu ekstra pendampingan bagi peserta UNBK. “Misalnya baru mulai jam 2 siang untuk sesi 2, itu yang harus kita persiapkan. Kita harus dampingi,” ungkapnya.

Alam menambahkan kendala UNBK adalah jaringan, komputer, dan listrik. Untuk listrik bisa diantisipasi dengan genset. Namun untuk server atau jaringan tentu hanya mengandalkan dari pusat.

“Kalau masalah download soal UNBK guru-guru sudah bisa. Pemerintah berikan banyak pintu, download ini itu. Ini lebih kepada sekolah ikuti ritmenya. Kalau ditanya ke banyak sekolah belum tentu jawabannya semulus ini.

Problemnya di komputer, jaringan, dan listrik. Salah satu ada yang trouble enggak bisa jalan sudah pasti. Saya berharap pelaksanaan UN lancar dan tahun depan lebih mulus,” jelas Alam.

Baca juga :  UNBK di Aceh Timur 'Diganggu' Listrik Byar Pet

JAWAPOS | EDUNEWS.ID

Facebook Comments

Edunews.

Kirim Berita via: redaksi@edunews.id/redaksiedunews@gmail.com
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!