Pendidikan

Kedepankan Penguatan Karakter, Mendikbud Canangkan Anti Curang di Sekolah

BENGKULU, EDUNEWS.ID – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy menyampaikan pengembangan pendidikan pada tahun pelajaran baru 2017/2018 akan mengedepankan penguatan karakter dan pemerataan yang berkualitas.

Upaya menanamkan nilai-nilai kejujuran, menurut Mendikbud, terlihat dari penyelenggaraan Ujian Nasional (UN) yang baru saja diselenggarakan.

“Aspek kejujuran naik drastis, dan kecurangannya turun drastis. Kita dapat memulai sekolah dengan soal kejujuran,” kata Muhadjir saat memberikan pengarahan kepada 400 orang Guru dan Kepala Sekolah, di Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Bengkulu, Minggu (14/5/2017).

Untuk memulai penerapan pendidikan yang berintegritas, kata Mendikbud, Sekolah dapat membuat komitmen bersama dengan mencanangkan ‘Anti Curang di Sekolah’, atau
‘Tegakkan Kejujuran di Sekolah’.

Baca juga :  FSGI : Permendikbud Full Day School Mubazir
Advertisement

“Prestasi betul penting, tetapi jangan biarkan kecurangan terjadi di sekolah, Jika ini ditanamkan kepada keseharian anak di sekolah, saya yakin saat mereka dewasa akan memiliki kepribadian yang berangkat dari kejujuran,” kata Muhadjir.

Selain menguatkan nilai-nilai Integritas yang mengedepankan kejujuran, Mendikbud juga mengimbau para pelaku pendidikan untuk menanamkan sikap toleransi di sekolah.

“Indonesia ini majemuk, maka kebinekaan harus dijaga betul. Para pendidik perlu memberikan contoh sikap toleransi yang baik dalam proses pendidikan di sekolah kepada siswa,” pesan Muhadjir.

EDUNEWS.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com