Pendidikan

Kemenag : 99,2 persen Madrasah Siap Melaksanakan UNBK

 

 

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Siswa Madrasah Aliyah (MA) dan Madrasah Tsanawiyah (MTs) akan menghadapi Ujian Nasional (UN) pada April 2018. Mereka juga akan menghadapi Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN). Sekarang hampir 99,2 persen MA dan MTs negeri dan swasta siap melaksanakan UN Berbasis Komputer.

“Dalam penyelenggaraan UN dan UAMBN, untuk menjamin akurasi data kita selenggarakan berbasis komputer, jadi baik UN maupun UAMBN berbasis komputer,” kata Kepala Subdit Kurikulum dan Evaluasi pada Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah dari Kementerian Agama (Kemenag), Ahmad Hidayatullah, Ahad (18/2/2018).

Ahmad menerangkan, kalau ujian berbasis komputer, objektivitas data terjamin. Tahun ini persiapan UAMBN Berbasis Komputer sampai 90 persen. Untuk UN Berbasis Komputer persiapannya sudah sampai 99,2 persen. Madrasah-madrasah di daerah besar memang sudah siap ujian berbasis komputer semua.

Sementara, sebanyak 0,8 persen madrasah di daerah-daerah terpencil belum bisa melaksanakan UN dan UAMBN Berbasis Komputer karena terkendala sinyal internet dan lain sebagainya. “Tapi targetnya semua madrasah dua tahun lagi dapat melaksanakan ujian berbasis komputer. Oleh karena itu sedang dikuatkan infrastruktur madrasahnya,” ujarnya.

Saat ini ada sekitar 7.843 MA dan 16.934 MTs negeri dan swasta. Dari total lembaga MA dan MTs negeri dan swasta sebanyak 99,2 persennya siap melaksanakan UN Berbasis Komputer.

REPUBLIKA

Facebook Comments

Most Popular

Edunews.

Kirim Berita via: redaksi@edunews.id/redaksiedunews@gmail.com
Iklan Silahkan Hub 08114167811

Copyright © 2016-2017 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!