Pendidikan

Kemenag Berharap Pendidikan Buddhis Cetak SDM Kompetitif

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Plt Dirjen Bimas Buddha Nur Syam berharap pendidikan Buddhis terus berperan aktif dalam mencetak sumber daya manusia Indonesia yang kompetitif. Pesan ini disampaikan Nur Syam saat menjadi pembekalan pada Musyawarah Nasional Badan Kordinasi Pendidikan Buddhis Indonesia (BKPBI) di Tzu Chi Center, Jakarta, Sabtu (11/3/2017).

Hadir dalam kesempatan ini Ketua BKPBI Hong Tjin dari Yayasan Tzu Chi dan Ketua SC Munas, Hans Wiryawan dari Yayasan Ehipasiko. Munas BKPBI ini mengagendakan pemilihan ketua baru untuk periode 2017-2021.

BKPDI merupakan wadah persatuan dan kesatuan yang mengkoorfinasikan yayasan penyelenggara pendidikan swasta nasional dengan ciri has agama Buddha atau berlatarbelakang agama Buddha. Pembentukan wadah ini diprakarsai oleh Pembimas Buddha Kanwil Kementerian Agama dan diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta pada 1992.

Baca juga :  Pengelola Masjid dan Mushalla Diminta Perketat Pengamanan

Di hadapan umat Buddha, Nur Syam mengatakan bahwa Kementerian Agama terus berupaya dalam memperluas akses masyarakat terhadap pendidikan agama dan keagamaan yang berkualitas. Perluasan akses ini penting dalam rangka pemerataan pendidikan.

Hal itu, lanjut Nur Syam, diharapkan akan dapat meningkatkan relevansi, kualitas, dan daya saing SDM Indonesia, termasuk umat Buddha. Untuk itu, setiap lembaga pendidikan di bawah binaan Kementerian Agama mempunyai tugas bersama dalam meningkatkan tatakelola pendidikan.

“BPKBI harus dapat menyusun renstra bidang pendidikan dengan baik dan efektif agar dapat bersama-sama menyiapkan generasi emas tahun 2045,” ujarnya.
EDUNEWS.ID

Edunews.

Kirim Berita via: [email protected]/[email protected]
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com