Pendidikan

Kemendikbud Gandeng Lemsaneg Amankan Pelaksanaan UNBK

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Dalam rangka pengamanan pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun ini, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg) melakukan penandatanganan nota kesepahaman.

“Nota kesepahaman ini merupakan inisiatif dari Kemendikbud untuk bekerja sama dengan Lembaga Sandi Negara, untuk mewujudkan efektivitas kerja, pola kerja terpadu, terarah dan berkesinambungan dalam proses penyelenggaraan persandian untuk pengamanan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) di Kemendikbud,” jelas Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy, Selasa (7/3/2017).

Kedua belah pihak sepakat mendukung meningkatkan kualitas penyelenggaraan persandian dalam pengamanan TIK tugas dan fungsi Kemendikbud. Dalam nota kesepahaman tersebut terdapat lima kesepakatan kerja sama.

Baca juga :  Kemendikbud akan Ubah Pendidikan SMK dari Tiga Tahun menjadi Empat Tahun

Yakni penyelenggaraan persandian dan pengamanan TIK di lingkungan Kemendikbud, pemberian perlindungan keamanan melalui implementasi sertifikasi elektronik pada sistem informasi yang digunakan di lingkungan Kemendikbud, dan pemberian perlindungan keamanan terhadap implementasi sistem ujian nasional (UN).

Dua kesepakatan kerja sama lainnya adalah penggunaan, peningkatan, pengembangan sumberdaya, serta penelitian dan pengembangan di bidang persandian.

“Waktu yang paling mendesak dalam persandian ini adalah pelaksanaan UN. Semoga dalam waktu yang tidak banyak ini bisa segera bersama-sama mengamankan ujian nasional. Kami berharap dengan telah ditandatanganinya nota kesepahaman ini bisa segera ditindaklanjuti secara teknis dengan perjanjian kerja sama antara unit utama terkait di Kemendikbud dan Lembaga Sandi Negara,” harap Muhadjir.‎

Baca juga :  Kemendikbud Buka Beasiswa Unggulan untuk Jenjang S1 hingga S3, Berikut Waktu dan Persyaratannya

Nota kesepahaman tersebut diteken langsung Muhadjir Effendi dan Kepala Lemsaneg Djoko Setiadi di kantor Kemendikbud.

EDUNEWS.ID

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com